Penyebab penurunan bisnis

Strategi Bisnis Saat Terjadi Penurunan Penjualan Produk

ERUDISI.com saat terjadi . Penurunan penjualan produk merupakan hal paling umum dalam sebuah bisnis. Biasanya dalam siklus hidup produk dikenal dengan istilah decline.

Banyak hal yang menyebabkan decline, terjadi bisa karena perubahan selera konsumen, perubahan tekhnologi dan semakin meningkatnya persaingan.

Perubahan selera konsumen sangat berpengaruh pada yang kita jalani. Apalagi banyak hal yang ia temukan pada produk orang lain. Begitu juga perubahan tekhnologi akan membuat konsumen kita beralih. Persaingan terjadi dan konsumen lebih memilih produk lain yang jauh lebih kekinian.

Jika ini terjadi pada bisnis yang kita jalani. Kita tidak perlu panik atau malah gulung tikar.

Berikut strategi yang bisa kita terapkan saat terjadi penurunan penjualan/decline.

1. Perkuat Daya Saing

Memperkuat daya saing dengan melakukan investasi lebih untuk pengembangan produk yang bisa kita arahkan untuk perluasan . Jangan lupa pengembangan pasar ini kita barengi dengan sehingga produk kembali diminati pasar.
Apalagi kita sudah punya customers setia mereka adalah aset kita yang perlu kita manfaatkan.

2. Strategi Bisnis Saat Terjadi Decline: Selektif Berinvestasi

Jika penurunan penjualan terjadi pada bisnis kita, maka kita perlu selektif dalam melakukan investasi. Perbanyak investasi pada pasar potensial dan kurangi investasi pada pasar-pasar yang mengalami penurunan. Hal ini semoga membuat bisnis kita kembali membaik dan stabil.

3. Fokus pada Pemasukan Uang Tunai

Jika bisnis semakin genting, maka sebaiknya kita stop biaya dan fokus pada stok produk yang ada. Hal ini kita lakukan agar kita bisa memperoleh uang tunai.

4. Tinggalkan Bisnis dan Jual Aset

Ini Strategi yang paling akhir kita pilih jika bisnis kita memang tidak bisa lagi dipertahankan dengan berbagai pertimbangan. Jika produk kita tidak lagi diterima pasar maka kita bisa menjual aset bisnis kita dan bisa beralih ke bisnis lain yang lebih bersaing.

Itulah empat strategi yang bisa kita pilih saat bisnis kita dalam fase decline atau penurunan penjualan produk.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

 

Check Also

Ide sayur kemasan siap masak

20 Ide Paket Sayur Kemasan Bisa Jadi Inspirasi Bisnis Rumahan

ERUDISI.com – Ide paket sayur kemasan yang bisa jadi ladang cuan. Banyak sekali ide kreatif …