Tempat yang Wajib Anda Kunjungi di Kampung Halaman saat Mudik

Sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia, ketika bulan Ramadhan hampir berakhir, kita akan pulang untuk bertemu orang tua, saudara, atau kakek-nenek dan andai taulan di kampung halaman, atau lebih dikenal dengan istilah mudik.

Mudik bukan hanya sekadar pulang kampung, namun juga menjalin kembali silaturahmi yang sempat renggang. Jika berniat menciptakan silahturahmi kembali, makan inilah tempat wajib yang harus anda kunjungi saat pulang kampung atau mudik lebaran.

Pertama, adalah tempat yang dihuni oleh sahabat saat masa kanak-kanak, mungkin teman TK atau teman SD. Mereka lah tempat pertama bagi anda bersosialilasi dengan lingkungan. Kadang, mereka atau pun kita pribadi, bisa menjauh dan menghilang bukan karena inisiatif salah satu pihak, melainkan tuntutan pendidikan atau pekerjaan sehingga anda harus meninggalkan kampung halaman untuk waktu yang lama atau mungkin pindah ke daerah lain.

Padahal mereka, teman yang telah menyebabkan anda tertawa karena tingkah laku konyol, bermain hingga petang hari, berkelahi dan banyak lagi. Sudah sangat wajib bagi anda mengunjungi mereka, setidaknya dengan menemui mereka pikiran anda kembali ke masa lalu dan segar kembali.

Ada juga kesempatan saling bermaafan karena “kenakalan” kita dulu. Mungkin kita pernah berkelahi hebat sehingga saling benci atau marah, dan seiring semakin dewasa perasaan bersalah bisa muncul sehingga saling bermaafan di momen hari raya sangatlah tepat.

Kedua, tempat orang-orang yang telah membantu keluarga anda saat tertimpa kemalangan dan kesusahan. Ini adalah orang yang wajib sekali dikunjungi. Selain bersilahturahmi, mungkin saja ada kesempatan untuk membalas budi, seperti dulu mereka membantu kita dengan tulus.

Mungkin bukan masalah materinya, tapi ketulusan untuk membantu, itu yang lebih penting. Orang-orang seperti mereka wajib kita hormati dan jaga terus silahturahminya.

Ketiga, selanjutnya orang yang telah anda anggap sebagai guru hidup anda. Banyak tentunya di antara kita memiliki panutan dalam hidup. Seseorang yang mengajarkan anda nilai-nilai moral dan pelajaran tentang kehidupan yang mungkin tak akan anda temui di bangku sekolah.

Contohnya saja guru ngaji saat kanak-kanak. Mereka lah yang menanamkan nilai iman dan dasar-dasar ajaran agam, yang secara tidak langsung ikut membentuk keadaan Anda seperti sekarang ini.

Berkunjunglah juga ke rumah guru sekolah. Mereka juga memiliki peran sangat besar membentuk kepribadian anda saat ini.

Terakhir, adalah tetangga, dan ini harusnya menjadi yang pertama kali dikunjungi. Tetangga adalah keluarga terdekat. Apapun berita yang terjadi di lingkungan, tetangga lah yang pertama kali mengulurkan bantuan saat kita membutuhkannya. Saat sakit, merekalah yang pertama kali menjenguk.

Intinya, kunjungilah mereka, sesempit apa pun waktu yang kita miliki di kampung nanti. Jahit kembali jalinan tali silahturahmi, tanyakan kabar dan keadaan mereka, itu sudah cukup. Mereka mengharapkan anda mengingat kehadiran mereka, jika tidak, mungkin kita akan dianggap telah melupakan mereka setelah ‘sukses’ merantau ke negeri orang.

Nah, itulah beberapa tempat yang mestinya kita kunjungi saat mudik lebaran nanti. Mudah-mudahan bermanfaat.