Tips agar Aman Saat Mudik dengan Transportasi Umum

Lebaran tidak lama lagi akan segera tiba. Momen ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat yang merantau untuk mudik ke kampung halaman atau lebih dikenal dengan sebutan mudik.

Berkumpul dengan keluarga besar menjadi waktu momen paling indah yang dinantikan sepanjang tahun. Untuk itu, pastikan mudik Anda aman, nyaman dan lancar, agar waktu bertemu dengan keluarga pun menjadi lebih sempurna.

Jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan transportasi umum, harap perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan

Saat berangkat mudik dengan transportasi umum jangan menggunakan perhiasan berlebihan selama perjalanan, karena bisa memancing pelaku kejahatan melancarkan aksinya. Gunakan perhiasan sewajarnya saja atau tidak usah menggunakan perhiasan sama sekali.

2. Jangan menerima makanan atau minuman dari orang lain

Jangan pernah mau menerima makanan atau minuman dari orang lain karena pelaku kejahatan biasa menggunakan makanan atau minuman untuk membius calon korban. Tolaklah secara sopan jika ada yang menawarkan makanan atau minuman kepada Anda, katakan saja jika Anda sedang berpuasa.

3. Siapkan uang secukupnya dan simpan secara terpisah

Bawa uang secukupnya saja untuk membayar ongkos kendaraan, untuk membeli makanan  di perjalanan dan untuk memberi pengamen jika ada. Untuk antisipasi jika saja terjadi pencopetan, letakkan uang Anda secara terpisah.

4. Kenakan pakaian yang sopan dan nyaman

Jangan memancing kejahatan dengan pakaian yang kurang sopan terutama jika Anda wanita. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak panas. Pasalnya, mudik dengan kendaraan umum mungkin akan membuat Anda gerah dengan penumpang yang berjubel meski dalam kendaraan ber-AC.

5. Tetap waspada dengan orang disekitar Anda

Pelaku kejahatan bisa berada dimana-mana, jadi tetaplah waspada dengan orang di sekitar Anda. Sebelum melakukan aksinya, pelaku kejahatan akan mendekati calon korban, saat calon korban lengah, barulah mereka melancarkan aksinya.

6. Berdoa sebelum berangkat

Yang paling penting adalah berdoa sebelum menempuh perjalanan agar selamat sampai tujuan dengan aman.