Cara agar anak betah mendengar kisah
Source Image: Lince Web

Tips Agar Anak Suka Mendengar Ibu Berkisah

ERUDISI.com – Tips agar anak suka mendengar ibu . Zaman sekarang tidak mudah mengajak anak untuk duduk manis mendengarkan ibunya berkisah. Apalagi bagi anak yang sudah terpapar gadget akan sangat sulit.

Tapi jangan putus asa ya Bunda. Banyak cara agar anak kita mau mendengarkan kita berkisah.

Manfaat Berkisah Bagi Anak

Anak adalah makhluk yang mudah menyerap apapun yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Sehingga kita perlu memanfaatkan hal ini dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Salah satu nya dengan berkisah atau bercerita tentang banyak hal.

Manfaatnya tentu saja akan berdampak pada penanaman karakter pada anak. Melalui tokoh-tokoh yang kita ceritakan.

Ini Tips agar Anak Suka Mendengar Ibu Berkisah

Masya Allah, tentu saja ketika kita sudah niatkan diri untuk berkisah maka jangan putus asa. Lakukankah dan rasakan manfaatnya. Berikut tips agar anak betah mendengarkan kita berkisah.

1. Berdoalah Agar Anak Suka Mendengar Ibu Berkisah

Hal pertama yang ibu lakukan adalah berdoalalah kepada Allah agar dimudahkan untuk berkisah kepada anak. Dimana kita berharap kisah ini perlahan bisa membentuk karakter mereka.

2. Pastikan Ibu dan Anak Siap Berkisah

Sebenarnya penyebab anak tidak betah mendengarkan ibu berkisah adalah karena mereka memang tidak siap, ini tidak sabar, bosan, lapar, ngantuk dan hal lainnya.
Jangan sampai ketika ibu berkisah malah fokus pada hal lain.

Jadi pastikan Bunda dalam kondisi yang siap dan tenang. Hal ini juga berpengaruh pada anak-anak. Sebaliknya juga pastikan anak-anak dalam keadaan siap mendengarkan.

3. Ekpresif

Membuat anak tertarik dengan kisah yang kita bawakan sangat sederhana. Ekspresikan diri sesuai dengan cerita. Lakukan improvisasi dan intonasi saat bercerita. Jangan bercerita tanpa ekspresi ini akan membuat anak bosan dan otomatis pesan tidak sampai.
Improvisasi dalam ekspresi dan intonasi akan membuat anak kita betah dan meningkatkan imajinasi mereka.

Jika terjadi komunikasi antara ibu dan anak berarti mereka tertarik dengan cerita yang kita bawakan dan insyallah pesan dari cerita tersebut sampai pada anak.

4. Gunakan Media

Jangan hanya membaca buku, tapi bunda perlu. menyediakan media versi anak-anak yang menyukai gambar dan warna-warna. Berkisah dengan menggunakan media membuat mereka lebih betah dan suka mendengar berlama-lama.

5. Interaktif

Jangan sampai berkisah terkesan bercerita satu arah saja. Keberhasilan bunda bercerita adalah ketika anak berkomentar dengan antusias maka bunda sudah berhasil.

Fokuslah pada mereka, lakukan kontak mata dan libatkan mereka secara langsung. Interaksi dua arah ini akan membuat anak-anak menyukai aktifitas ini dan ingin bunda selalu berkisah.

Kesimpulan

Berkisah adalah aktifitas yang bisa bermanfaat untuk penanaman karakter anak. Bercerita dengan cara yang tepat akan sangat efektif bagi anak-anak kita. Bingung darimana, tips agar anak suka mendengar ibu berkisah diatas bisa jadi jawabannya.

Terimakasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi..

Check Also

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah (Sumber foto:pixabay)

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah

ERUDISI.com – Hari libur sekolah telah tiba pasti kita sebagai orang tua ingin sekali membuat …