Manfaat bukber
Tips Bukber di Luar Rumah Tanpa Ganggu Ibadah Ramadhan (Source Images: Odua Images/Shutterstock)

Tips Bukber di Luar Rumah Tanpa Ganggu Ibadah Ramadhan

ERUDISI.com – Tips () di Luar Rumah tanpa menganggu . Biasanya jika Ramadhan menjelang salah satu agenda yang tidak pernah terlewatkan adalah buka bersama di luar. Bisa di resto, cafe atau tempat yang dianggap strategis.

Hanya saja kadang kegiatan ini membuat ibadah kita jadi terganggu. Sering telat magrib, isya bahkan tarawih terlewatkan. Nah, tentu saja hal ini tidak akan terjadi jika kita bisa mengatasi ini bersama-sama sebelum mengadakan acara buka bersama ini.

Buka Bersama di Luar Rumah Tradisi Orang Indonesia

Biasanya ada saja undangan bukber dari alumni sekolah, pihak kantor, organisasi, kolega dan lainnya. Ini sudah jadi tradisi di Indonesia terutama di daerah besar. Bagi mereka kebiasaan ini suatu hal yang makin mempererat kekeluargaan dan pertamanan.

Tapi kadang realitanya kebiasaan ini sering menganggu prioritas utama di bulan yaitu shalat taraweh. Karena kesibukan mengobrol dan makan. Kadang membuat lupa waktu dan akhirnya shalat tarawih berjamaah jadi gagal.

Tapi saat ini seiring waktu, kesadaran mengadakan Bukber tanpa menganggu waktu ibadah juga semakin meningkat. Alhamdulillah.

Tips Bukber Aman di Luar Rumah Tanpa Menganggu Ibadah

1. Carilah Tempat Makan Yang Luas

Salah satu yang membuat kita terkendala melakukan berbuka puasa diluar karena mengantri mengambil makanan. Usahakan agar memilih tempat yang luas dan memiliki banyak tempat duduk atau lesehan.

Usahakan survei dan pertimbangan tempat dengan kapasitas yang hadir. Semakin mudah mengatur undangan bukber akan membuat acara lancar dan tidak membuat waktu ngaret.

2. Carilah Tempat Makan Dekat Masjid atau Mushalla

Jika tetap akan melakukan bukber usahakan carilah tempat yang dekat dengan masjid atau Mushalla yang luas. Hal ini akan mendorong kita untuk bersegera melaksanakan shalat tepat waktu.

3. Tips Bukber Tanpa Ganggu Ramadhan: Atur Menu Berbuka

Penting sekali memperhatikan menu berbuka. Biasanya jeda antara shalat magrib dan berbuka kira-kira 10 menit sehingga kita perlu mengatur menu berbuka. Lebih baik makan makanan ringan terlebih dahulu, seperti kurma dan air putih hangat.

Hal ini akan sangat membantu lambung kita kembali bekerja dengan baik dan tidak kaget. Jika kaget asam lambung akan naik dan mengganggu tubuh kita beraktivitas.

Sangat dianjurkan juga agar pihak panitia memberikan arahan kepada petugas resto untuk mengatur menu makan. Makanan besar diberikan nanti setelah shalat magrib.
Hal ini akan membuat kita tetap mudah melaksanakan shalat magrib tepat waktu.

4. Selesaikan Aktivitas Makan Minum Sebelum Isya

Setelah magrib, kita bisa langsung menyantap menu berbuka sesuai pilihan masing-masing. Usahakan sudah selesai makan dan minum 10 menit sebelum waktu Isya. Hal ini agar kita tidak terburu-buru melaksanakan shalat isya dan tarawih berjamaah.

Berikan opsi kepada teman-teman yang tidak bisa makan di tempat bisa membungkus makanan dan membawa pulang. Jangan sampai gara-gara makan dan minum yang lama menganggu ibadah inti Ramadhan.

5. Komitmen Bersama. Bahwa Bukber Tidak Menganggu Shalat Isya dan Tarawih

Perlu sekali ditekankan bahwa saat kita berencana melaksanakan bukber, jangan lupa berkomitmen untuk tidak menganggu waktu Shalat Isya dan Tarawih berjamaah. Ini tidak sulit kita hanya perlu untuk mengatur waktu sebaik mungkin.

Itulah beberapa tips Bukber di luar rumah yang bisa diterapkan. Meskipun sebelum memutuskan menghadiri atau mengikuti buka bersama mempertimbangkan keputusan sebaik mungkin ya. Jangan sampai esensi Ramadhan menjadi terganggu karena buka bersama.

Semoga bermanfaat dan selalu temukan jawaban serta inspirasi bersama Erudisi.

Check Also

lebaran

Kenapa Kriminalitas Meningkat Menjelang Lebaran?

Di bulan Ramadhan angka kriminalitas relatif menurun namun menjelang hari raya Idul Fitri, angka kriminalitas …