Cara merawat tanaman Alocasia agar daunnya cantik
Source Images: The Sprunce

Tips Cuci Baju Hitam agar Warna Tetap Pekat

ERUDISI.com – Anda penyuka hitam? Ini tips cuci agar warna tetap pekat. Hitam memang warna favorit yang tak pernah lekang oleh masa. Banyak sekali para pecinta warna ini baik wanita maupun pria.

Warna yang bisa kita kenakan kemana-mana ini dan memberi kesan powerfull jika tidak dirawat dengan benar akan menyebabkan warna hitam pekatnya memudar. Nah agar warna hitam pekat pakaian kita tidak pudar berikut cara tepat mencucinya.

Pastikan Petunjuk Perawatan Pada Label

Biasanya saat kita membeli pakaian, biasanya ada petunjuk perawatan pakaian tersebut. Biasanya ada pada tag label. Disana sangat lengkap keterangan cara merawatnya. Mulai dari tidak boleh dijemur pada sinar matahari,
tidak bisa menggunakan setrika dan keterangan lainnya. Pastikan kamu menerapkan saran perawatan agar pakaianmu terawat.

Jangan Gabungkan Pakaian Hitam

Pastikan tidak menggabungkan pakaian hitam dengan yang lain. Terutama pakaian berbahan , karena akan menyebabkan serat kain akan menempel pada pakaian. Usahakan untuk mencuci pakaian khusus hitam saja.

Tips Cuci Hitam: Gunakan Air Dingin dengan Kecepatan Sedang

Pakaian hitam akan tetap pekat jika menggunakan air dingin dengan kecepatan yang sedang. Jangan sampai gunakan air panas saat mencuci ditambah lagi dengan putaran mesin cuci yang cepat. Jika ini dilakukan maka akan menyebabkan pakaian cepat rusak.

Pilihlah Detergen Khusus Warna Hitam

Kini bahkan ada juga dijual detergen khusus warna hitam. Tapi jika tidak ada maka sangat disarankan untuk tidak menggunakan detergen terlalu banyak karena hal ini akan menyebabkan baju memudar. Semakin banyak busa sabun akan mempengaruhi warna. Selain itu pilihlah Detergen cair jangan bubuk. Karena akan membuatnya makin pudar dan partikel yang tidak larut menempel pada pakaian.

Jemurlah Di Tempat Sejuk

Warna hitam akan tetap pekat dengan cara menjemurnya pada tempat yang sejuk dengan cara diangin-anginkan. Jika dijemur pada paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan warna hitam memudar, karena pakaian kita terkena panasnya matahari langsung.

Setrika dengan Suhu Sedang

Hal lain yang perlu kami perhatikan adalah panduan label perawatan pakaianmu. Disana akan terlihat apakah pakaianmu perlu diseterika atau tidak.

Tapi secara umum disarankan untuk menyetrika baju hitam dengan suhu yang sedang. Karena suhu panas setrika akan membuat warnanya memudar dengan cepat. Bahkan serat kain akan mudah rusak.

Itulah beberapa tips cuci baju hitam agar warna tetap pekat. Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []