11 Tips Dasar Meningkatkan Trafik Blog

Dunia blogging (blogosphere) adalah dunia yang sangat besar, penuh sesak dan sangat sibuk, dengan lebih dari 100 juta blog di seluruh dunia dan terus berkembang.

Lalu bagaimana Anda menarik pengunjung ke blog Anda? Ikuti beberapa tips sederhana di bawah ini untuk meningkatkan trafik ke blog Anda:

1. Buatlah Tulisan yang Bagus dan Tulislah Sesering Mungkin

Membuat konten baru (update) yang baik dan berguna adalah langkah pertama membangun audiens blog. Konten yang Anda tulis akan membuat pembaca datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak lagi. Pastikan Anda memiliki sesuatu yang bernilai untuk disampaikan kepada pengunjung dan sampaikan itu sesering mungkin untuk menjaga mereka tetap tertarik dan menjadi pembaca setia.

Selain itu, frekuensi posting yang tinggi, akan meningkatkan kesempatan blog Anda mendapat ‘perhatian’ dari mesin pencari seperti Google dan lainnya.

2. Submit Blog Anda ke Mesin Pencari (search engine)

Blog Anda harus dikenali oleh mesin pencari populer seperti Google dan Bing dengan mengirimkan URL blog Anda ke mereka. Hampir semua mesin pencari menyediakan link ‘Submit’ (atau serupa dengan itu) untuk memberi tahu mereka tentang blog baru Anda, agar mesin pencari kemudian bisa merayapi dan mengindeks halaman Anda di hasil pencarian mereka.

Penting dipahami, bahwa hanya dengan mengirimkan blog Anda ke mesin pencari tidak berarti halaman Anda akan muncul di halaman teratas hasil pencarian Google, tapi paling tidak, blog Anda akan dimasukkan ke indeks mereka dan berkesempatan muncul di hasil pencarian. Silakan baca: Meningkatkan Ranking Halaman di Hasil Pencarian Google, untuk mempelajari sedikit tentang SEO.

3. Manfaatkan Kekuatan Komentar

Berkomentar adalah salah satu cara yang simpel dan penting untuk meningkatkan trafik blog.

Pertama, balaslah semua komentar yang ditinggal pembaca di blog Anda untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai opini mereka dan mengajak mereka dalam diskusi dua arah. Ini akan meningkatkan loyalitas pembaca.

Kedua, tinggalkan komentar di blog lain untuk menarik trafik. Pastikan Anda meninggalkan URL blog Anda saat berkomentar, jadi Anda sekaligus membuat tautan kembali ke Anda sendiri. Banyak orang tertarik membaca komentar yang ditinggalkan pada satu posting blog, jika mereka menemukan komentar yang menarik, mereka akan tertarik pula mengklik link untuk membuka website penulis komentar. Untuk itu, sangat penting Anda meninggalkan komentar yang bernilai, yang mengundang orang mengklik tautan ke blog Anda sendiri.

4. Beri Link ke Blog Lain

Link adalah kekuatan dari sebuah blog. Tidak hanya link akan ‘diperhatikan’ oleh search engine, link juga bertindak seperti ‘tepukan halus’ di punggung blogger lain yang dengan mudah mengetahui siapa yang memberi tautan ke website mereka. Memberi link membantu Anda mendapat perhatian segera dari blogger lain yang akan sukarela menginvestigasi situs yang memberi tautan ke mereka. Tentu saja, ini membuka kesempatan mereka menjadi pembaca setia blog Anda atau memberi tautan balik ke blog Anda di website mereka.

Satu hal yang banyak disalah mengerti oleh banyak blogger, bahwa memberi link ke website lain adalah sebuah kerugian besar, karena menurunkan ranking blog di mata search engine. Hal ini tidak lah benar. Tautan ke website lain yang relevan, justru menambah kepercayaan mesin pencari (Google) terhadap blog Anda.

5. Kirimkan Pos Anda ke Situs Bookmark Sosial

Mungkin akan sedikit banyak menyita waktu untuk mengirimkan pos terbaik Anda ke situs social bookmarking, seperti Digg, StumbleUpon, Reddit dan sebagainya. Namun ini upaya yang patut dilakukan, karena salah satu cara sangat sederhana untuk meningkatkan trafik blog dengan cepat.

6. Jangan Lupakan SEO (optimasi mesin pencari)

Saat menulis pos dan laman blog Anda, ingatlah untuk mengoptimasi laman agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Memasukkan keyword (kata kunci) dan tautan di dalam pos. Namun ingat, jangan berlebihan atau mencantumkan terlalu banyak kata kunci di dalam pos atau mencantumkan kata kunci yang tidak relevan dengan konten. Melakukan hal tersebut dapat dianggap spam dan berakibat buruk di mata mesin pencari, bahkan mungkin akan dihapus dari indeks Google sama sekali.

7. Jangan Lupakan Gambar

Gambar tidak hanya membuat blog Anda terlihat cantik, ia juga membantu orang menemukan blog Anda melalui search engine. Banyak orang menggunakan pencarian gambar milik Google atau Bing, karena itu mengoptimasi gambar merupakan salah satu cara mudah meningkatkan trafik.

8. Pertimbangkan Guest Blogging

Menjalankan guest blogging adalah ketika Anda menulis posting di blog lain atau mengijinkan blogger lain menulis di blog Anda. Kedua metode ini sama-sama bisa meningkatkan trafik karena blog Anda akan terekspos juga ke audiens blog lain. Misalnya, jika Anda menulis sebagai blogger tamu di blog lain, orang akan mengunjungi blog Anda untuk melihat / mengenal siapa Anda dan apa yang Anda katakan lebih jauh.

9. Bergabunglah ke Forum dan Group Online

Temukan forum online, group atau jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter atau LinkedIn, di mana Anda bisa membagikan ide dan bertanya. Tambahkan link ke blog Anda pada signature (tanda tangan) atau profil Anda, sehingga setiap kali Anda membuat pos di forum atau berpartisipasi di group online lainnya, secara tidak langsung Anda sedang mempromosikan blog. Kesempatan terbuka bagi orang untuk menuju website Anda guna mengetahui tentang Anda lebih jauh.

10. Promosikan di Luar Blog

Mempromosikan blog tidak berhenti sebatas di blogosphere itu sendiri. Tambahkan URL blog Anda di kartu bisnis, tambahkan signature di email, dan sebagainya. Bicarakan dan beritahu orang-orang sekeliling Anda tentang blog yang sedang Anda kembangkan.

Baca: Ide dan Cara Unik Promosi Blog, untuk mendapatkan inspirasi cara-cara promosi blog yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

11. Jangan Jadi Pemalu

Bagian terpenting dari dunia blogging adalah komunitas di dalamnya, dan kesuksesan Anda sebagai blogger akan banyak bergantung pada kesediaan dan kemauan Anda untuk bergabung dalam komunitas tersebut.

Jangan takut untuk bertanya, bergabunglah dalam suatu obrolan atau hanya sekadar say hello untuk memperkenalkan diri. Jangan ‘bersembunyi’ dan berharap dunia online akan menemukan Anda dengan sendirinya. Bicaralah dan buat diri Anda dikenali dan dapat perhatian. Biarkan blogosphere tahu bahwa Anda ‘ada’ dan memiliki sesuatu yang berharga tuk disampaikan.