ERUDISI.com – Membersihkan kaca mata di rumah, kenapa tidak? Banyak orang berpikiran bahwa kaca mata itu tidak bisa dibersihkan sembarang harus langsung ke optik nya.

Bahkan banyak dari kita takut membersihkan kacamata sendiri karena bisa mengakibatkan lensa rusak dan minus. bertambah. Tapi semua persepsi tersebut salah besar.

Berikut cara mudah membersihkan kaca mata di rumah:

Contents

1.Cucilah Tangan

Cucilah tangan sebelum membersihkan kacamata menggunakan sabun yang tidak lengket. Hal ini sangat bermanfaat agar kacamata yang akan digunakan. Kemudian keringkan tangan

2.Basahi kacamata dengan air mengalir

Basahi kaca mata dengan air mengalir untuk membuang kotoran dan debu menempel. Basahi bagian kacamata dari tangk6ai hingga lensa.

3. Gosok Perlahan

Gosok perlahan kacamata mulai bagian kaca yang telah diberi sabun hingga ke bagian luar. Begitu juga bagian nosepad.

Tips bersihkan kaca mata di rumah

Source image: clearly blog

4. Bilas kembali kaca mata

Jika sudah selesai menggosok kacamata maka tahap berikutnya bilas kacamata dengan bersih. Pastikan tidak ada sabun yang menempel

5. Goyangkan dan Keringkan

Setelah proses mencuci dan bilas. Tahap berikutnya adalah keringkan. Goyangkan kacamata perlahan berguna untuk memastikan tidak ada air yang menempel. Kemudian keringkan menggunakan kain lembut.

Merawat kaca mata pudar
Source image: Clearly Blog

Dikutip laman clearly, agar kacamata  tetap bersih, lakukan hal berikut;

1  Jauhkan lensa Anti-kabut dari sabun, air mengalir, dan bahan kimia keras, seperti aseton, dan simpan di tempat yang sejuk dan kering (seperti wadah kacamata) saat  tidak memakainya.
2. Simpan kacamata  di dalam wadahnya saat  tidak memakainya. Sebagian besar kotoran di kacamata  berasal dari pemakaiannya di kepala!
3. Pastikan untuk selalu membersihkan kacamata  saat basah , membersihkan lensa yang kering hanya meningkatkan kemungkinan kain hanya menyeret kotoran dan mengolesi minyak ke seluruh lensa alih-alih mengangkatnya.
4. Jangan gunakan apapun yang mengandung alkohol . Tidak hanya dapat merusak lensa itu sendiri, tetapi juga berisiko melemahkan beberapa jenis bingkai
5. Jika  menggunakan pembersih kacamata kemasan, pastikan labelnya “ aman untuk lensa berlapis ” (tidak berlaku untuk Lensa Antikabut); beberapa merek murah mungkin tidak sesuai untuk merawat kacamata.
6. Cuci kain lensa  seminggu sekali , itu akan menghilangkan kotoran dan endapan yang menumpuk di atasnya.
7. Jika  berada di luar pada hari yang panas, pastikan untuk membilas kacamata  dengan air dingin sesudahnya (tidak berlaku untuk Lensa Antikabut). Tabir surya, air garam, dan bahan kimia lain yang mengering pada lensa lama kelamaan dapat merusak lapisannya.
8. Saat bantalan hidung menguning, saatnya menggantinya. Sebagian besar bantalan hidung bersifat universal dan dapat diperoleh di pusat optik manapun.
9. Menggunakan alat pembersih ultrasonik bisa menjadi pilihan untuk pembersihan mendalam pada kacamata . Kita dapat menemukannya di beberapa toko optik.

Itulah cara sederhana membersihkan kaca mata di rumah dan tips merawatnya. Jangan lupa simpan di tempat kering. Semoga tipsnya bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari di Erudisi. Jangan lupa share ya.[]