Tips Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Lebaran tidak lama lagi akan segera tiba. Momen ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat yang merantau untuk mudik ke kampung halaman atau lebih dikenal dengan nama mudik.

Berkumpul dengan keluarga besar menjadi waktu momen paling indah yang dinantikan sepanjang tahun. Untuk itu, pastikan mudik Anda aman, nyaman dan lancar, agar waktu bertemu dengan keluarga pun menjadi lebih sempurna.

Jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, harap perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat

Saat memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi, kendaraan Anda adalah hal paling utama. Karena itu, pastikan kendaraan Anda baik mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Lakukan servis di bengkel resmi terlebih dahulu sebelum berangkat mudik. Pastikan perjalanan Anda aman dan nyaman tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Persiapkan fisik dan emosi

Untuk perjalanan yang nyaman, pastikan fisik dan kesehatan Anda dalam kondisi fit terutama sekali untuk pengemudi. Selain kondisi fisik yang baik, tidak kalah penting memperhatikan kondisi emosi. Hendaknya pengemudi tidak dalam keadaan marah, terburu-buru atau sedang memiliki suasana hati yang kurang baik. Pastikan agar Anda beristirahat dengan cukup sebelum dan saat perjalanan, jangan memaksakan diri bila lelah atau mengantuk.

3. Cek kelengkapan kendaraan

Selain kondisi kendaraan, kelengkapannya juga harus diperhatikan. Jangan sampai kendaraan Anda tanpa surat-surat, spion atau kelengkapan kendaraan lainnya. Anda sendiri juga harus melengkapi dokumen-dokumen atau identitas diri, seperti SIM, KTP dan STNK. Pastikan seluruh peralatan tambahan tersedia, seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas dan lainnya.

4. Perhatikan waktu perjalanan

Waktu perjalanan juga perlu diperhatikan. Putuskan kapan Anda akan berangkat ke kampung halaman. Bersyukurlah jika Anda mendapat jatah libur sebelum arus mudik mencapai puncaknya, sehingga di jalan tidak terjebak kemacetan yang parah. Namun jika liburan Anda tepat saat arus mudik memuncak, sebaiknya lakukan perjalanan malam. Meskipun ramai, setidaknya tak seramai saat perjalanan siang hari.

5. Jangan lupa membawa obat-obatan

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, obat merah, obat sakit perut dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Untuk jaga-jaga jika tiba-tiba Anda terserang sakit.