Tips puasa bagi penderita GERD
Source Images: Shutterstock /Pop Tika

Tips Puasa Aman Penderita Asam Lambung

ERUDISI.com aman bagi penderita asam lambung. Masya Allah siapa yang tidak ingin melewatkan puasa Ramadan. Tentu tidak ada dari kita yang mau. Bahkan kita berharap asam lambung tidak kambuh selama puasa.

Asam Lambung, Gejala dan Penyebabnya

Seperti kita ketahui penyakit asam lambung atau sering disebut gastroesophageal reflux disease ()  adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Biasanya gejalanya terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Melemahnya otot ini menyebabkan kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Normalnya otot LES ini seharusnya berkontraksi kemudian menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung.
Biasanya penyakit GERD ini sangat berisiko bagi lansia, obesitas dan ibu hamil.

Pencegahan GERD ini bisa melalui merubah gaya hidup sehari-hari dengan menurunkan berat badan, tidak langsung berbaring sehabis makan, berusaha menjauhi makanan tertentu, termasuk buah asamdan berhenti merokok.

Tips Puasa Aman bagi Penderita Asam Lambung

Nah, tentu saja puasa jadi bulan istimewa bagi kita dan tidak ingin puasa terganggu karena asam lambung naik. Nah berikut tips puasa aman bagi penderita asam lambung:

1. Sahur dan Berbuka Tepat Waktu

Ini hal yang perlu sekali dicatat, bahwa kita harus sahur dan berbuka tepat waktu jangan sampai menunda-nunda. Karena berakibat GERD bisa kambuh. Biasanya aturan dokter bagi penderita GERD adalah meminum obat 15 menit sebelum makan.
Jadi bagi penderita GERD penting sekali disiplin dan berusahalah bangun awal saat sahur.

2. Tips Puasa Aman Bagi Penderita Asam Lambung: Makan Perlahan

Biasanya kalau puasa kita akan merasa lapar sehingga kadang terburu-buru dalam makan. Padahal ini salah satu pemicu kambuhnya asam-lambung.
Bersabarlah dan tetap makan dengan tenang. Kunyah makanan perlahan-lahan untuk membantu meringankan kerja lambung mencerna makanan.
Semakin besar potongan makanan semakin lama proses pencernaan dan semakin banyak juga asam lambung semakin banyak dibutuhkan. Jadi makanlah secara perlahan tidak usah terburu-buru.

3. Makanlah dengan Porsi Kecil

Biasanya sebelum makan besar kita biasa hanya menyantap takjil (menu pembuka). Usahakan untuk konsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Jangan langsung makan dengan porsi besar dan berat.

Karena lambung sudah istirahat selama 12 jam dan lambung butuh waktu kembali mencerna makanan.

Seperti Sunnah Rasulullah berbukalah dengan kurma. Tiga atau lima butir kurma sudah cukup sebagai pembuka sahur dan berbuka. Bisa juga diselingi air hangat.

4. Hindari Makanan Merangsang GERD

Makanan pedas, asam dan berlemak merupakan makanan pemicu naiknya asam lambung. Jadi lebih baik dihindari. Pilihlah makanan yang mudah dicerna oleh lambung.

5. Perbanyak konsumsi air hangat

Air hangat dapat meringankan rasa nyeri asam lambung saat naik. Jadi minumlah air hangat saat berbuka, saat tarawih, sebelum tidur dan sahur.

6. Hindari Teh dan Kopi

Bagi penderita GERD sangat disarankan untuk tidak konsumsi teh dan kopi karena memicu asam-lambung naik. Apalagi Kopi mengandung kafein yang dapat memicu peningkatan sekresi asam-lambung .

Selain itu kafein juga bisa merangsang otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) terbuka sehingga asam-lambung naik ke ulu hati.

Itulah tips puasa aman penderita asam lambung agar ramadhan makin bermakna. Ibadah lancar dan mendapatkan keberkahan dari bulan mulia.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.