Tips Puasa Bagi Ibu Hamil selama Ramadhan
Source Images: iStock

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

ERUDISI.com bagi memang tidak semudah perempuan lainnya. Karena ibu perlu memberikan asupan makanan yang cukup tidak hanya untuk tubuhnya juga untuk janin.

Amankah Puasa Bagi Ibu Hamil?

Sejauh ini puasa bagi ibu hamil selama dirinya dalam kondisi normal maka aman-aman saja. Tinggal bagaimana cara dirinya mengatur pola makan, gaya hidup sehat dan istirahat.
Tetapi jika memiliki indikasi tertentu, maka perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Dokter akan memberikan jawaban apakah kita akan berpuasa.

Dengan berkonsultasi membuat ibu hamil lebih siap menjalani puasa, mendapatkan banyak pencerahan dan tentu saja rekomendasi vitamin, suplemen, makanan dan minuman yang baik dikonsumsi.
Hal ini akan sangat membantu menjalankan puasa dengan penuh semangat dan sehat.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Selain itu, banyak yang bisa bumil terapkan agar puasa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Cukupkan Nutrisi dengan Menyiapkan Menu Makanan Selama Ramadhan

Tercukupnya nutrisi bumil akan menjadi sebab tubunya bisa menjalankan puasa dengan lancar. Jadi sangat penting untuk memperhatikan kecukupan nutrisi. Bisa dengan membuat planning makanan selama Ramadhan.
Buatlah daftar makanan yang disarankan ahli gizi dengan 1/3 Karbo, 1/3 Protein dan 1/3 sayur dan buah. Perbanyak makan kurma saat sahur dan berbuka juga bisa diterapkan.

2. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Selama Berpuasa Cairan tubuh akan mengalami penurunan selama kita berpuasa. Jadi agar cairan bisa terpenuhi sepanjang hari, bumil bisa konsumsi air putih minimal 2 sampai 3 liter saat mulai berbuka hingga sahur. Bisa minum segara bertahap.

3. Hindari Minuman Mengandung Kafein

Bagi bumil yang menyukai kopi dan teh sebaiknya dihindari atau kalau belum bisa dikurangi hingga porsi terkecil. Karena kafein bisa menyebabkan dehidrasi, gangguan pencernaan, hingga tekanan darah tinggi.
Dengan menghindari kafein akan sangat membantu bumil menjalankan puasa tanpa hambatan.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Bumil wajib konsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi bumil dan janin dalam kandungan terpenuhi. Perbanyaklah Bumil juga konsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, kacang, kacangan, sayur, dan buah setelah berbuka puasa. Hal ini bisa mencegah susah buang air besar atau sembelit.

5. Puasa Bagi Ibu Hamil: Selektif Memilih Makanan

Biasanya saat puasa banyak sekali makanan dan minuman yang tersaji di meja makan. Kadang bumil sering tergiur mencoba aneka makanan, padahal hal tersebut sangat tidak bagus. Bumil perlu selektif dalam memilih makanan yang akan dimakan.

Bumil perlu menghindari makanan mengandung gula tinggi. Kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat.
Minuman mengandung gula tinggi membuat kita cepat lelah. Bumil sangat disarankan untuk banyak konsumsi air putih, jus tanpa gula, sup hangat dan buah saat berbuka puasa.

Konsumsi hal tersebut akan sangat membantu mengembalikan energi bumil setelah seharian berpuasa.

Saat sahur sebaiknya bumil konsumsi yang mengandung karbohidrat seperti gandum utuh dan makanan kaya akan serat seperti sayuran.

6. Istirahatlah Yang Cukup

Bumil perlu istirahat yang cukup. Atur waktu bekerja dan istirahat dengan baik. Termasuk waktu mengerjakan amalan-amalan lain seperti tilawah. Usahakan bisa melakukan istirahat 15-20 menit Hal ini akan membantu tubuh terasa lebih segar saat berbuka dan melaksanakan ibadah tarawih.

Itulah beberapa tips puasa bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat dan semakin bersemangat menjalankan ibadah puasa. Terima kasih telah membaca artikel kami. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap harinya bersama Erudisi.

Check Also

seks selama kehamilan

Berhubungan Selama Hamil: Amankah?

Jika Anda saat ini tengah hamil, mungkin Anda telah banyak mendapatkan informasi tentang hubungan seksual …