Waspada Modus Penipuan QRIS Palsu Kotak Amal Masjid

ERUDISI.com – Waspada penipuan QRIS Palsu Kotak Amal Masjid. Ramadhan memang bulan dimana semangat menabung umat muslim meningkat. Ditambah berbagai akses kemudahan untuk beramal di

Juwita

Modus penipuan QRIS Palsu Kotak Amal Masjid (Ilustrasi Source Images: The Economic Times)

ERUDISI.com – Waspada penipuan QRIS Palsu Kotak Amal Masjid. Ramadhan memang bulan dimana semangat menabung umat muslim meningkat. Ditambah berbagai akses kemudahan untuk beramal di era tekhnologi tidak lagi terbatas tempat.

alah satunya menggunakan layanan QRIS. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu standarisasi pembayaran yang menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Proses transaksi menggunakan QR Code ini menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Tapi sayang kemudahan ini tidak bisa membuat kita bermudah-mudahan. Kita tetap perlu teliti dengan berbagai transaksi yang dilakukan termasuk berinfak. Karena ternyata hal ini dimanfaatkan oleh para oknum untuk kepentingan pribadi mereka.

Seperti yang baru-baru ini diviralkan oleh akun Instagram @redasamudera.id di insta story dan highlight dengan nama Kasus QRIS terjadi di beberapa masjid besar di wilayah Jakarta yaitu Masjid Nurul Iman Blok M Square, Masjid Nurullah Kalibata City, Masjid Al Azhar bahkan Masjid Istiqlal.

Dari rekaman CCTV terlihat jelas oknum tersebut sedang menempelkan QRIS Palsu dengan nama Restorasi Masjid. Tentu saja bagi yang jeli dengan nama akun rekening tersebut tidak akan melanjutkan transaksi tapi bagi yang tidak terlalu memperhatikan maka uang amal tersebut akan masuk ke rekening oknum. Nauzubillah min dzalik.

Nah, agar kita tidak tertipu dengan berikut tips yang bisa dilakukan:

Tips Agar Tidak Tertipu Modus QRIS Palsu Kotak Amal Masjid

1. Perhatikan Nama Pemilik Rekening

Saar kita scan barcode kita akan melihat nama pemilik akun dan bank yang digunakan. Biasanya untuk masjid mereka akan membuat nama sesuai nama Masjid mereka QRIS. Apalagi pihak bank biasanya akan lebih teliti jika berhubungan dengan yayasan.
Jika nama Masjid A tentu secara otomatis nama yayasan di akun bank tersebut juga nama Masjid A.

2. QRIS Palsu Kotak Amal Masjid: Segera Informasikan Ke Pihak Masjid

Jika kita menemukan kejanggalan saat melakukan transaksi, maka sebaiknya tidak perlu diteruskan transaksi dan segera konfirmasi ke sekretariat masjid . Hal ini akan membantu sekali agar tidak banyak korban dari QRIS Palsu Kotak Amal Masjid tersebut.

3. Sosialisasikan Kepada Orang Sekitar

Tentu saja tren penggunaan QR Code saat ini tidak bisa diragukan lagi. Terutama bagi kaum milenial yang menyukai kemudahan dalam berbagai hal. Meskipun mereka menyukai kemudahan tapi kadang kaum milenial ini tidak teliti dan tidak memperhatikan nama pemilik rekening dan lainnya.

Jadi tugas kita sebagai orang yang sudah mengetahui modis penipuan QRIS Palsu Kotak Amal Masjid sangat penting ikut mensosialisasikan kepada siapa saja. Teman, sahabat, keluarga dan lainnya agar lebih bijak saat bertransaksi menggunakan QR Code.

Ramadhan memang bulan penuh kemuliaan dan banyak hal yang kita lakukan Allah lipat gandakan pahalanya. Tapi selalu berhati-hati agar niat kita tepat sasaran.

Jangan sampai niat baik kita untuk kemakmuran masjid dan kesejahteraan umat muslim malah berakhir dinikmati oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kemudahan akses keuangan saat ini jangan membuat kita abai pada hal kecil. Salah satunya memperhatikan nama akun rekening yang akan kita lakukan scan barcode.

Jika ratusan orang seperti kita yang cuek dengan transaksi tersebut. Betapa banyak kerugian dari Masjid yang semestinya bisa dimanfaatkan malah berakhir di rekening penipu.

Jadi bijaklah dalam bertransaksi menggunakan QR Code. Jangan sampai oknum modus penipuan QRIS Palsu Kotak Amal Masjid masih berkeliaran dan masih menikmati uang yang bukan miliknya. Sebarkan informasi ini kepada semua orang ya, agar banyak yang teredukasi dan tidak bermudah-mudahan dalam bertransaksi secara online.

Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

 

 

Related Post