Fomo marketing adalah
Ilustrasi Belanja Source Image: Garry/Pixabay

Yuk Terapkan Strategi FOMO agar Produk Kita Laris Manis

ERUDISI.com –  Terapkan agar produk laris manis. Strategi FOMO kini sudah tidak rahasia lagi di dunia . Strategi ini mulai banyak pebisnis terapkan dalam strategi marketing mereka. Bahkan strategi ini dipercaya mampu mendorong produk kita laris manis. Penasaran?

Apa Sih FOMO?

FOMO atau Fear of Missing  Out  merupakan  perasaan cemas yang timbul disebabkan sesuatu yang  menarik dan menyenangkan sedang terjadi  bisa karena unggahan di sosial media, berita yang sedang viral atau tren yang sedang terjadi.

Bahasa sederhananya FOMO ini adalah takut ketinggalan tren.
Perasaan ini satu sisi memiliki sisi positif terutama bagi pebisnis. Mereka bisa menjadi perasaan ini menjadi strategi marketing agar produk laris manis.

Karena seorang-FOMO akan sangat tertarik dengan  tren, keunikan, waktu, nilai dan juga psikologi (perasaan).  Mereka akan tertarik pada produk yang sedang tren, batas waktu dan produk unlimited yang membuat mereka secara psikologis akan berburu mati-matian mendapatkannya. Yuk kita bahas satu persatu.

5 Strategi FOMO Agar Produk Laris Manis

1. Berikan Diskon Terbatas

Hal pertama yang bisa kita lakukan agar produk kita laris manis adalah dengan memberikan diskon terbatas bisa berupa diskon dengan batas waktu, diskon awal bulan, diskon cashback, potongan ongkos kirim, beli satu gratis satu dan strategi lainnya.

Intinya orang yang secara psikologis Fear of  out missing,. akan senang jika mendapatkan informasi produk kesayangannya sedang diskon. Dijamin closing.

2. Publish Jumlah Pembeli

Hal berikut mendorong produk kita laris manis adalah tampilkan jumlah pengguna atau pembeli produk kita. Cara ini efektif dalam menarik pelanggan untuk membeli product kita.
Ini menarik kepercayaan para fomo untuk membeli lebih cepat yang kita duga.

3. Publish Jumlah Stok Barang

Metode ini sangat efektif dalam meningkatkan penjualan kita. Jika stok barang yang dijual kita publish segara real time akan mendorong orang untuk membeli lebih cepat.
Bahkan orang merasa lebih tenang jika pruduct yang kita jual banyak yang membelinya. Jadi secara tidak langsung kita telah membentuk kepercayaan orang lain karena akibat konsumen yang telah lebih dahulu membeli.

4. Visualisasikan Hitung Mundur

Dengan memvisualisasikan hitung mundur ini secara psikologis akan membuat calon pembeli akan segera mengambil keputusan membeli product kita.
Rasa takut tidak mendapatkan barang akan semakin besar mendorongnya untuk segera membeli barang tersebut. Coba deh buktikan.

5. Kemas Produk Kita Secara Eksklusif dan Berbeda

Para fomo sangat sedang dengan sesuatu yang berbeda dan bersifat unlimited. Inilah salah satu yang mendorong mereka membeli produk kita. Mereka merasa bangga dan puas jika bisa memperoleh barang yang terbatas tersebut ketika masih banyak orang yang menginginkan barang tersebut tapi tidak seberuntung dirinya.

Dengan menerapkan strategi produk yang ekslusif baik dari segi desain barang dan kemasan yang menarik akan membuat pruduct kita laris manis bahkan mendorong orang repeat order terus.

Kesimpulan

Meski strategi FOMO terkesan lebih dekat dengan psikologis tetapi cara ini sangat ampuh mendongkrak penjualan product kita. Apalagi masuk ke dalam ranah persaingan antara FOMO akan membuat produk kita makin diburu. Buktikan sendiri pada bisnis Anda.

Strategi FOMO Membuat Produk Laris Manis. Hal ini akan terwujud melalui tahapan saat kita sudah membaca typikal konsumen kita dan kita sudah memiliki konsumen loyal.

Proses ini perlu dilakukan dengan pendekatan yang lebih internal. Kita memasuki calon customer kita dengan pendekatan kekeluargaan. Bisa melalui intensif di sosial media. Interaksi yang kita lakukan lambat laun akan memberikan loyalitas dari mereka.

Terima kasih telah membaca artikel “Strategi FOMO agar Produk Laris Manis“. Jangan lupa bagikan kepada orang tercinta disekeliling kita ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama kami, Erudisi.

Check Also

Ide sayur kemasan siap masak

20 Ide Paket Sayur Kemasan Bisa Jadi Inspirasi Bisnis Rumahan

ERUDISI.com – Ide paket sayur kemasan yang bisa jadi ladang cuan. Banyak sekali ide kreatif …