Aplikasi untuk Menyembuhkan Kecanduan Smartphone

Bukanlah sebuah rahasia umum lagi jika kini kita sering kali menemukan orang-orang yang sudah mulai kecanduan dengan smartphonenya sendiri. Banyak alasan yang membuat kecanduan smatphone mulai dari hanya sekedar main game, chatting, sampai untuk Menghasilkan uang dari smartphone.

Melihat ke smartphone secara berulang-ulang merupakan kegiatan yang dinilai lebih menarik dibandingkan dengan apa yang mereka lihat di sekelilingnya.Selain mengganggu orang lain, berjumpa dengan orang-orang dengan kecanduan seperti ini juga dapat mengancam keselamatan mereka sendiri, karena tidak awas dengan situasi sekitar. Makanya melalui tips berikut ini, Erudisi ingin berbagi aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat menyembuhkan perilaku orang-orang yang sudah mulai ketagihan smartphone tersebut.

1. Checky

Di urutan awal dari list kita, ada aplikasi Android bernama Checky. Aplikasi simple namun bermanfaat ini berfungsi sebagai counter atau penghitung sudah berapa kali kamu memeriksa smartphone dalam jangka waktu tertentu. Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Online 2016

Kamu tentu akan terkejut dengan jumlah yang akan didapatkan. Makanya, aplikasi ini berguna sekali untuk menurunkan tingkat dari adiksi dalam memeriksa smartphone setiap harinya. Caranya misalnya dihari pertama kamu lihat berapa kali kamu memeriksa smartphone kesayanganmu dan dihari kedua kamu berjanji memeriksa smartphone akan kurang dari jumlah yang didapat dihari pertama. Begitu juga dengan hari ketiga dan seterusnya.

2. Productivity Challenge Timer

Aplikasi bernama Productivity Challenge Timer ini berfungsi sebagai timer yang dapat membatasi pekerjaan atau tingkat kemalasan yang melanda. Melalui interface yang simple namun bermanfaat, aplikasi ini tentu ingin dimiliki oleh siapa saja yang pemalas.

Jika kamu menggunakan teknik Pomodoro sebagai teknik untuk membatasi pekerjaan dan meningkatkan produktivitas, maka aplikasi ini merupakan partner yang tepat.

3. Forest

Aplikasi berikutnya yang patut untuk kamu coba ialah Forest. Aplikasi ini dengan nikmatnya dapat kamu manfaatkan untuk mengurangi penggunaan smartphone. Caranya adalah di tengah aplikasi Forest, kamu akan menjumpai sebuah pohon yang akan tumbuh apabila kamu tidak menyentuh smartphone. Baca juga: 7 Hal yang Harus Dihindari pada Smartphone

Apabila kamu berhasil, maka pohon tersebut akan dikumpulkan dan lama-lama akan menjadi hutan. Jika kamu tidak kuat untuk menahan menggunakan smartphone, maka pohon pun tidak akan tumbuh.

4. UnPlug

Khusus bagi kamu yang menggunakan smartphone iPhone, UnPlug secara eksklusif dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini mirip seperti Checky, namun memiliki fitur statistik yang lebih lengkap.

UnPlug bisa memberitahu kamu hari apa yang paling tidak produktif, atau aplikasi apa saja yang membuat kamu kecanduan dalam menggunakan smartphone.

5. Freedom

Jika seluruh aplikasi di atas tidak berhasil untuk membuat kamu terhindar dari kecanduan smartphone, maka aplikasi Freedom bisa menjadi solusi akhir. Aplikasi ini dapat dengan mudah menjadi blocker terhadap website-website yang dapat mengurangi produktivitas.

Aplikasi Freedom ini dapat kamu atur untuk menutup website tertentu dalam durasi yang diinginkan sehingga kamu tidak terjebak di dalam website tersebut. Mantap sekali untuk meningkatkan produktivitas. Baca juga: Cara Membuka Kunci Smartphone dengan Suara

Itulah 5 aplikasi super ampuh yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas dan menghilangkan kecanduan dari smartphone.

 

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here