Memilih WordPress untuk Ngeblog

Apa itu WordPress?

WordPress adalah produk software gratis yang saat ini menjadi aplikasi blogging paling populer dan telah digunakan secara luas di seluruh dunia.

WordPress.com vs WordPress.org

WordPress tersedia dalam dua versi. WordPress.com adalah produk opensource yang bisa digunakan oleh siapapun, memodifikasinya sesuai kebutuhan (dalam hal ini membuat dan mengelola blog). Meski bisa digunakan secara gratis, WordPress.com memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu.

 

Versi lainnya, WordPress.org menyediakan software untuk membuat blog Anda namun WordPress.org tidak menginangi (hosting) blog Anda di internet. Anda mesti menyewa hosting terpisah, termasuk nama domain, agar blog Anda tersedia di internet. Menggunakan WordPress.org dengan hosting mandiri (self-hosting), memberi Anda keleluasaan dan kontrol penuh terhadap blog milik Anda sendiri.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memilih WordPress.com dan WordPress.org

Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin perlu Anda pertimbangkan saat memutuskan apakah membuat blog menggunakan WordPress.com atau menggunakan WordPress.org.

Monetisasi dan iklan

WordPress.com tidak mengijinkan Anda memasang atau menjalankan program periklanan jenis apapun di blog.

Kustomisasi (ubahsuai)

WordPress menyediakan ruang simpan dan juga pilihan ubahsuai yang sangat terbatas, seperti tidak memungkinkan Anda menggunakan tema dan plugin premium dari pihak ketiga (di luar pustaka WordPress.com). Meskipun begitu, bagi banyak pemula apa yang ditawarkan sudah mencukupi.

Pengetahuan teknis

WordPress.org memerlukan pengetahuan teknis lebih dibanding WordPress.com

Kebutuhan di masa mendatang

Jika blog Anda kemudian menjadi sangat populer, dan Anda memutuskan untuk berpindah ke WordPress.org, maka Anda akan membutuhkan domain baru dan banyak hal teknis lainnya.

Lebih lengkap tentang ini, bisa Anda baca di: Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org.

Fitur apa saja yang ditawarkan WordPress bagi blogger?

WordPress menyediakan antarmuka (interface) yang bersih dengan mudah digunakan, bahkan oleh mereka yang tidak memahami seluk-beluk teknis sekalipun.

Aplikasi WordPress memiliki banyak sekali fitur, di antaranya:

  • Tema (theme) yang bisa diubahsuai sesuai selera Anda
  • Tracking dan analitik terintegrasi
  • Perlindungan spam
  • Simpan otomatis
  • Pemeriksa ejaan
  • Tagging
  • Ping otomatis
  • Bermacam widget untuk sidebar
  • Mendukung multiple author (satu blog dengan banyak penulis)
  • Tersedia banyak plugin
  • Dukungan (support)
  • WordPress.org juga membolehkan Anda memasang iklan, menggunakan custom domain, alamat email pribadi dan banyak lagi lainnya.

Tips dari blogging.erudisi.com:
Jika Anda masih bingung memilih antara WordPress.com atau WordPress.org, ada baiknya Anda membiasakan diri dan berkenalan dengan membuat blog di WordPress.com terlebih dahulu. Jika Anda belum pernah membuat blog sama sekali sebelumnya, memahami berbagai fitur yang ada di WordPress, adalah sebuah ide yang bagus.

Setelah beberapa bulan, setelah Anda merasa nyaman dengan aplikasi WordPress, akan jadi lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan apakah tetap meneruskan menggunakan WordPress.com atau beralih ke WordPress.org untuk membangun dan mengembangkan “blog Anda yang sesungguhnya”.

Memilih antara memulai blog gratis dengan WordPress.com atau bersedia membayar self-hosting menggunakan WordPress.org, erat hubungannya dengan goal jangka panjang Anda sendiri dalam membuat blog.

Nah, bagaimana? Siap membuat blog WordPress saat ini juga?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here