Cara Mudah Cek Verval PTK/NUPTK di Referensi Kemdikbud Tahun 2018 No ratings yet.

Tugas Operator memang melelahkan, namun dibalik itu semua semoga menjadi berkah buat kita. Setelah data data lain yang seabrek telah kita kerjakan dengan penuh tanggung jawab. Kali ini saya sedikit mengingatkan tentang Verval PTK yang masih ada kaitannya dengan data Dapodik.

Banyak dari sekolah-sekolah, baik itu DIKDAS maupun DIKMEN data dan jumlah PTK di data referensi kemdikbud kurang lengkap, hampir 70% mengalami hal serupa dengan yang saya alami. Apa anda mengalami hal serupa saat cek verval ptk ?

Berikut langkah – langkah Cek Verval PTK di referensi

 Cek Verval PTK/NUPTK

  1. Masuk ke >> http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ lalu klik Login atau masuk
  2. Klik “Data master Pendidikan”
  3. Pilih menu NUPTK > Pendidikan Dasar dan Menengah
  4. Klik Nama Provinsi > Kabupaten > Kecamatan anda
  5. Lihat tabel, Terdapat Nama-nama sekolah di Kecamatan anda. Agar lebih mudah pilih tab ‘Berdasarkan bentuk pendidikan’ . 
  6. Setelah menemukan sekolah anda, KLIK “JUMLAH PTK” yang ada di bagian paling kanan layar anda.
  7. Setelah itu anda akan diminta memasukan “USERNAME & PASSWORD” masukan seperti login di SDM-PDSP. ( Jika belum bisa, silahkan daftar dulu sebagai aksesor )
  8. jika anda sudah berhasil login, anda akan melihat tabel PTK di Sekolah anda. ( CATATAN PENTING !! DISINI KEBANYAKAN JUMLAHNYA KURANG SESUAI DENGAN KEADAAN RILL DISEKOLAH. SILAHKAN KORDINASIKAN DENGAN KABUPATEN DAN OPERATOR SEKOLAH )
  9. Tahap selanjutnya >> KLIK “NUPTK” PTK di Sekolah anda.
  10.  Setelah itu masukan
  • user = tempat lahir PTK bersangkutan dan
  • password = tanggal lahir PTK bersangkutan (yy-mm-dd)
✔ Populer :  Informasi Rilis Dapodikdas 3.04

11. Sekarang cocokan dengan data di DAPODIK.

 

Jika Tidak Sesuai Bisa Diperbaiki di DAPODIK

sebagai tambahan jika anda ingin memperbarui data PTK seperti NAMA , TANGGAL LAHIR dan NIK bisa ke alamat  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ dan jika anda tidak mau pusing – pusing masuk web resmi tersebut, silahkan menggunakan aplikasi dapodik yang sudah tersedia di Google Play Store

Untuk mengecek Verval PTK, anda bisa melalui web resmi yang tertera diatas maupun menggunakan aplikasi cek info ptk. Jangan lupa untuk selalu perbaharui aplikasi yang sudah ada agar tetap bisa digunakan.

Semoga bermanfaat salam satu data satu untuk Indonesia Raya

Beri Kami Bintang