Cara Praktis Mengamankan Akun Gmail

Akun Google tidak hanya Anda gunakan untuk GMail, tapi juga terhubung dengan layanan atau produk Google lainnya, ponsel Android, akun Google Play, Google Wallet, Adsense dan banyak lagi. Karena itu, bila informasi akun Anda bisa dihack orang, itu bisa jadi hari yang sangat buruk.

Belum lagi jika Anda juga menggunakan GMail untuk otentikasi akun lainnya, seperti Twitter, Facebook atau aplikasi lain yang lebih sensitif, misalnya akun bank Anda. Itu artinya, sekali akun Google Anda bisa dibuka oleh orang lain tanpa ijin, mereka bisa masuk ke semua akun yang terhubung dengannya, lalu mengubah kata sandi atau apapun yang ingin mereka lakukan.

Lalu bagaimana cara mengamankan password dan akun Google Anda?

  • Jangan gunakan password yang sama
    Ini aturan terpenting. Ya saya tahu, Anda hidup dalam zaman di mana Anda harus mengingat banyak sekali password, dan menggunakan password yang sama lagi dan lagi memang sangat memudahkan. Tapi di sini lain, ia juga sangat memudahkan bagi hacker. Jika mereka dapat menebak satu password Anda, maka mereka tahu semua password Anda lainnya.Jadi sekali lagi, jangan gunakan password yang sama untuk akun berbeda. Untuk memudahkan Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi management password seperti KeePass, atau menggunakan sistem online seperti LastPass.com atau PassPack.com. Anda masih tetap harus memastikan password Anda cukup kuat, juga perlu menggantinya secara berkala.
  • Gunakan verifikasi 2 langkah
    Verifikasi 2 langkah yang disediakan Google, adalah hal yang wajib Anda ketahui dan gunakan. Anda bisa mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini melalui SMS atau aplikasi Google Authenticator untuk smartphone. Saat Anda login di komputer baru, selain harus memasukkan alamat email dan password, Anda juga diminta kode akses tambahan, dan ini sangat bagus untuk mengamankan akun Google Anda.
  • Periksa akun Google secara berkala
    Pastikan email pemulihan, nomor seluler Anda masih valid. Jika ada perubahan segera ganti data pada akun.
  • Hapus email registrasi apapun
    Saat Anda mendaftar ke layanan tertentu, Anda mendapat pesan berisi informasi akun, termasuk password. Pastikan  segera mengganti dengan password yang lebih kuat, jika saat mendaftar menggunakan password yang mudah atau password otomatis yang diberikan sistem. Lalu hapus email tersebut.
  • Pastikan memiliki antivirus yang up to date
    Password paling kuat sekalipun tidak ada gunanya jika ada yang ‘menguasai’ desktop Anda dengan sebuah keylogger. Karena itu pastikan komputer Anda terpasang antivirus dan selalu up to date.

Nah, itu lah beberapa langkah mudah dan praktis untuk mengamankan akun Google Anda.