belajar php

Panduan Pemula PHP: Statement PRINT dan ECHO

dan

Pertama kita akan belajar echo, yang merupakan statement paling dasar di , ia digunakan untuk menampilkan apapun yang ingin Anda tampilan.

Contoh:

Ini akan memberi hasil berupa teks: Saya suka belajar PHP. Perhatikan setiap menggunakan echo, maka perlu diapit dengan tanda petik dua (“…”).

Nah, untuk tujuan seperti di atas, selain menggunakan echo, Anda juga bisa menggunakan statement print.

Contoh:

Ada banyak perdebatan mengenai mana yang lebih digunakan antara echo dan print.

Nampaknya, pada program PHP yang cukup besar, untuk menampilkan teks menggunakan echo, sedikit lebih cepat. Namun, bagi pemula maka keduanya tidak memberi perbedaan berarti, sehingga Anda bebas memilih salah satunya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa semua perintah menggunakan echo atau print, harus diapit oleh tanda petik dua. Nah, jika Anda ingin menggunakan tanda petik juga di dalam kode PHP, Anda harus menggunakan backslash ().

Contoh:

Sedangkan, jika Anda menggunakan lebih dari satu baris dalam kode PHP, maka Anda harus memisahkan setiap baris dengan titik koma (;). Berikut contoh penggunaan PHP lebih dari satu baris di tengah-tengah kode .


  
    Tes Halaman PHP
  
  
  
"; print "Gee Jhon berkata: "Sama, saya juga suka"" >

Seperti Anda lihat, Anda bisa memasukkan HTML pada statement print PHP Anda secara langsung. Anda bisa memformat HTML dengan lebih lengkap jika Anda mau, namun ingat Anda tetap harus menyimpannya sebagai file .php.


Berikutnya: Panduan Pemula PHP: Variabel

Sebelumnya: Panduan Pemula PHP: Komentar

Check Also

membuat copyright web dengan PHP

Membuat Copyright Otomatis Update dengan PHP

Di setiap website, biasanya ada pernyataan copyright di bagian bawah setiap halaman. Beberapa software yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *