Servis Motor, Ini Bagian-Bagian Paling Wajib Diperiksa

ERUDISI.com – Servis Motor merupakan hal yang wajib dilakukan saat ini jika ingin kendaraan awet dan tahan lama. Banyak yang membuktikan dengan melakukan pengecekan berkala

Juwita

Bagian penting saat servis motor
Servis Motor, Ini Bagian-Bagian Paling Wajib Diperiksa (Ilustrasi Foto:doble-d | Kredit: Getty Images/iStockphoto)

ERUDISI.com merupakan hal yang wajib dilakukan saat ini jika ingin kendaraan awet dan tahan lama. Banyak yang membuktikan dengan melakukan pengecekan berkala membuat mesin lebih terawat. Tapi apa saja sih bagian-bagian  penting yang wajib diservis secara rutin? Yuk kita bahas satu per satu.

Bagian-Bagian Yang Wajib Diperiksa Saat Servis Motor

1. Oli

Servis motor yang penting sekali dilakukan secara rutin adalah oli. Sebelum memutuskan untuk menyervis oli, yang perlu diketahui adalah mau servis oli yang mana? Ada dua jenis oli yaitu ni  Oli Mesin dan Oli Gardan. Dimana keduanya oli ini harus rutin diganti.

  • Oli Mesin

Oli Mesin fungsinya untuk melumaskan,  melindungi dan mendinginkan mesin. Oli wajib diganti setelah kamu menempuh jarak lebih dari 2500 km. Tetapi jika kamu menggunakan oli bertekhnologi Ester,  maka bisa diganti lebih lama yaitu jika sudah 5000 km.

  • Oli Gardan

Sementara oli gardan fungsinya untuk melumasi gear CVT motor matic. Oli ini wajib kamu ganti jika sudah dua kali melakukan penggantian oli mesin.

2. Aki

Bagian motor berikutnya yang wajib kamu servis adalah aki. Seperti kita ketahui bahwa aki akan mati pada tegangan 12,3-12,6 Volt  dan  mesin hidup pada tegangan 13,70-14,20. Artinya jika bukan pada setelan tersebut maka menyebabkan motor bisa mogok di jalan.
Bahkan jika motor hidup dalam kondisi aki tidak sesuai bisa menyebabkan aki mengalami kebocoran atau berkarat. Jadi penting sekali dilakukan pengecekan.

3.

Ayo siapa yang pernah merasakan rem blong saat melakukan perjalanan? Atau rem nya tidak berfungsi? Jika pernah, hal ini perlu diketahui penyebabnya apa?
Tahukah penyebab utamanya adalah kampas rem yang sudah tipis.
Jika kampas rem sudah tipis maka kerja rem juga sudah tidak bagus lagi dan tidak pakem. Jadi jangan anggap sepele bagian ini.
Akibatnya sangat fatal jika kamu tidak selektif dalam melakukan pengecekan rutin, bisa membahayakan dirimu saat berkendara.

Bagian penting saat servis motor
Servis Motor, Ini Bagian-Bagian Paling Wajib Diperiksa (Ilustrasi Foto:doble-d
| Kredit: Getty Images/iStockphoto)

4. Bagian-Bagian Paling Wajib Diperiksa Saat Servis Motor:

Ban merupakan bagian yang sangat penting selalu diperiksa. Ban bagian potensial yang menyebabkan motor bisa berjalan dengan baik. Apalagi saat berkendaraan biasakan kamu selalu mengecek kondisi ban. Mulai dari tekanan udara ban, kondisi ban apakah masih layak pakai atau tidak (ban gundul).

Ban motor disarankan ganti setelah 1,5 – 2 tahun pemakaian. Tetapi bisa juga melihat kondisi ban juga. Apakah masih bagus atau tidak.

5. Tune Up Motor Rutin

Ayo siapa yang selama beli motor belum pernah dilakukan pengecekan secara keseluruhan sama sekali? Ini kebiasaan yang jelek sekali. Tahukan tune up motor sangat penting dilakukan, idealnya setiap 3 bulan sekali. Apalagi jika kamu sudah melakukan perjalanan dengan jarak tempuh 2000 km.

Bagian-bagian penting diperiksa saat tune up motor adalah semua bagian motor mulai dari ban, rem, klakson, sparepart, ganti oli, karburator, aki, busi, tegangan rantai lainnya.

Biasanya saat kamu akan menjadwalkan tune up motor di sebuah bengkel motor. Maka petugas akan memberikan penjelasan secara detail terkait kondisi motor kok. Tapi kamu tetap perlu mengetahui secara umum.

Nah, itulah beberapa bagian-bagian wajib diperiksa saat servis motor. Pastikan kamu selalu melakukan pemeriksaan rutin setiap 3 bulan sekali ke bengkel kepercayaanmu. Melakukan pengecekan secara rutin akan membuat motormu awet, tahan lama dan tidak rewel. Semoga bermanfaat ya.

Related Post