Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Google adalah mesin pencari terpopuler dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, karena hasil pencarian yang berkualitas dan relevan.

Nah, Google Custom Search atau Penelusuran Khusus Google bekerja berdasarkan ‘mesin’ yang sama, sehingga hasilnya pun akan sama dalam hal kualitas dan relevansi. Memasang mesin penelusuran khusus Google di website atau blog Anda membuat penelusuran menjadi lebih mudah dan relevan bagi pengunjung untuk mencari informasi yang mereka cari.

Google custom search engine sendiri menyediakan banyak opsi, termasuk penyesuaian tampilan hasil pencarian, menghasilkan uang menggunakan Google for Search, juga menghubungkan ke akun Google Analytic untuk mengetahui perilaku pengunjung blog Anda.

Bagi Anda yang memiliki akun Adsense dan ingin menghasilkan uang dari hasil penelusuran khusus, saya sarankan untuk membuat unit penelusuran khusus langsung dari akun Adsense.

Membuat mesin telusur khusus Google

Login ke Mesin Telusur Khusus Google dengan akun Google Anda. Jika Anda pertama kalinya login, Anda akan otomatis dialihkan ke halaman pembuatan mesin telusur baru.

✔ Populer :  Bagaimana Meningkatkan Ranking Situs di Mesin Pencari Google

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Masukkan alamat situs dimana Anda ingin menggunakan mesin telusur khusus ini, pilih bahasa dan nama untuk mesin penelusuran Anda, lalu klik tombol BUAT.

Kemudian akan terbuka halaman dimana ada 3 pilihan. Jika Anda tidak ingin memodifikasi mesin telusur, Anda bisa langsung mendapatkan kode lalu memasangnya di blog Anda dengan mengklik tombol Dapatkan kode.

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Klik Panel kontrol untuk mengedit mesin telusur khusus Anda.

Pada halaman pengaturan terdapat 5 tab, yaitu: Dasar-dasar, Dapatkan penghasilan, Admin, Pengindeksan dan Lanjutan. Silakan pelajari satu per satu untuk mengetahui apa saja yang disediakan. Jika Anda berniat memonetis hasil pencarian, Anda dapat menghubungkannya dengan akun Adsense melalui tab Dapatkan penghasilan. Jika semua sudah oke, klik Perbarui di bagian paling bawah.

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Untuk merubah tampilan dari mesin penelusuran Anda, klik tab Tampilan dan nuansa di bagian kiri. Di sini Anda dapat mengubah tampilan kotak penelusuran, tampilan hasil pencarian, merubah warna dan sebagainya untuk disesuaikan dengan tampilan blog Anda.

Ada 7 jenis tata letak yang disediakan, tapi menurut saya yang terbaik adalah layout Dua halaman. Untuk itu, klik Dua halaman lalu klik Simpan(tapi jika Anda lebih suka tata letak lain, silakan pilih yang sesuai).

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Kemudian klik tab Tema untuk menyesuaikan dengan tampilan blog Anda.

✔ Populer :  Koleksi: Fitur Baru Google Plus

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Jika Anda tidak puas dengan tema yang ada, kli tab Sesuaikan. Anda bisa merubah warna dan huruf dari hampir semua elemen mesin penelusuran. Klik tab Gambar kecil, dan aktifkan jika Anda ingin thumbnail ditampilkan di hasil penelusuran.

Selanjutnya, jika mau klik tab Fitur penelusuran di sisi kiri untuk mengatur penyempitan, perlengkapan otomatis dan sinonim dan sebagainya.

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Sekarang semua penyesuaian dan pengaturan telah selesai dilakukan. Selanjutnya Anda bisa mengambil kode dan memasangnya di blog Anda. Anda bisa mendapatkan kode dari tab Penyiapan atau pun tab Tampilan dan nuansa, klik salah satunya.

Karena tadi kita memilih tata letak Dua halaman, maka Anda dapatkan dua kode berbeda. Satu untuk tampilan kotak penelusuran dan satu lagi untuk tampilan hasil pencarian.

Kode pertama yang ditampilkan begitu mengklik Dapatkan kode adalah kode untuk kotak penelusuran. Salin kode, lalu pasang di mana Anda ingin menampilkan kotak penelusuran tersebut.

Klik tombol Detil Hasil Penelusuran di bagian atas kode. Masukkan URL halaman tempat di mana hasil penelusuran ingin ditampilkan. Untuk hal ini, Anda boleh membuat membuat sebuah laman terlebih dahulu sebelumnya, lalu URL-nya masukkan ke isian di atas.

Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Terakhir, klik tombol Berikutnya: Dapatkan kode untuk hasil penelusuran. Ambil kodenya, lalu tempel di laman hasil penelusuran yang Anda buat.

✔ Populer :  PageRank: Mengenal Lebih Dekat tentang PageRank Google

Nah, selesai sudah pembuatan mesin telusur khusus Google. Sekarang, lakukan pengujian apakah semuanya sudah berjalan sempurna. Jika setelah dicoba, Anda masih belum puas dengan tampilannya misalnya, Anda bisa merubahnya kapan saja.

Catatan:
Anda tidak perlu mengganti kode untuk diterapkan di blog, setiap perubahan yang Anda lakukan akan otomatis diterapkan.

Nah, demikian tutorial membuat mesin penelusuran khusus Google, jika ada yang kurang jelas atau kendala silakan ajukan melalui komentar.

Salam.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.