Makna Rumah Tangga Sakinah, Mawaddah dan Warromah

Kita seringkali mendengar kalimat “rumah tangga sakinah mawaddah dan warromah” namun sedikit sekali dari kita yang tahu arti atau maksud dari kalimat tersebut. Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis akan mengulas sedikit tentang makna yang terkandung dalam kalimat sakinah, mawaddah dan warromah.

Makna Kata Sakinah

Sakinah barasal dari bahasa arab yang artinya tenang, jadi maksudnya rumah tangga yang sakinah adalah rumah tangga yang tenang dan tenteram. Pertanyaan yang timbul adalah, “Bagaimana menciptakan rumah tangga yang tenang dan tentram?”

Saling percaya, adalah salah satu kunci pertama untuk membina rumah tangga yang sakinah, karena dari rasa percaya, pasangan akan tenang saat berada di luar rumah.

Kemudian, masalah perekonomian pun harus stabil dan tenang, karena ketika perekonomian rumah tangga tergoncang maka imbas dari masalah tersebut akan meluas ke segala aspek rumah tangga lainnya. Mungkin suami istri jadi sering bertengkar, cekcok, dan ujung-ujungnya berakhir dengan perceraian.

Tabah, ini juga tidak kalah penting dengan kejujuran, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perjalanan rumah tangga laksana perahu di tengah samudra, banyak rintangan dan hambatan, seperti pasang surutnya gelombang ekonomi dan hubungan cinta.

Terjangan badai fitnah dan lain sebagainya memaksa sang nakhoda untuk tetap teguh menjalankan perahu menuju pulau kebahagiaan, sejalan dengan ungkapan para ahli hikmah “perbaharuilah perahu, karena samudera itu sangat dalam.”

Kita dianjurkan untuk selalu berusaha memperbaiki biduk rumah tangga, mungkin dengan cara mengajak pasangan ke majelis ta’lim. Majelis ta’lim adalah tempat menimba ilmu, di mana kita beserta pasangan dapat belajar bersama melalui wejangan dan cerita-cerita penuh hikmah dari pengalaman hidup para saolihin.

Semua hal itu diharapkan dapat digunakan sebagai lentera kehidupan guna membentuk rumah tangga sakinah mawaddah dan warromah.

Sesekali juga perlu mengajak keluarga kecil anda untuk liburan, ini juga terbilang cara yang efektif untuk menjaga keutuhan rumah tangga anda.

Di hari biasa, anda beserta pasangan ataupun keluarga sulit untuk bersama dikarenakan kesibukan dan pekerjaan. Jadi, liburan sangat dibutuhkan untuk menyegarkan hati (perasaan) dan pikiran guna terjalinnya hubungan yang harmonis.

Makna Kata Mawaddah

Mawaddah mengandung arti cinta dan harapan. Setiap orang pasti mempunyai rasa cinta terhadap pasangannya, walaupun terkadang cintanya datang secara terlambat. Begitu juga dengan harapan, setiap orang pasti mempunyai harapan atas cinta dan terhadap pasangan yang amat dicintainya.

Misal, saat kita cinta pada seseorang, kita berharap cinta kita dibalas, abadi dan juga berharap ia yang kita sayangi dan kita cintai, bersedia menjadi pendamping hidup kita dunia dan akhirat.

Makna Kata Warrohmah

Warromah berarti kasih atau rasa mengasihi. Ini pun sangat dibutuhkan dalam membina rumah tangga sakinah mawaddah dan warromah, kita semua sepakat bahwa seiring berjalannya waktu dan usia, kulit akan mulai keriput, gigi mulai habis, rambut mulai memutih dan panca indra sudah mulai kurang berfungsi dengan baik.

Saat seperti ini rumah tangga yang tidak didasari oleh rasa mengasihi akan berantakan. Pastinya perpisahan dalam rumah tangga tak ada orang yang menginginkannya. Namun nyatanya tak sedikit pula orang-orang yang membina rumah tangga berakhir hanya seumur jagung dengan berbagai macam permasalahan.

Cintailah pasangan anda, jika pasangan bisa menerima kekurangan anda, seharusnya anda juga bisa menerima kekurangan pasangan. Kendalikan ego dalam diri agar persoalan rumah tangga anda dapat teratasi dengan baik.

Demikianlah sedikit yang dapat penulis bagikan untuk para pembaca tentang rumah tangga sakinah, mawaddah dan warromah.

BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.