4 Jenis Komunikasi dan Pengertiannya (Sumber foto:pexels)
4 Jenis Komunikasi dan Pengertiannya (Sumber foto:pexels)

4 Jenis Komunikasi dan Pengertiannya

ERUDISI. com – Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dan pertukaran ide ataupun informasi yang kita miliki kepada orang lain dan sebaliknya. Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi sangat diperlukan untuk melakukan proses interaksi kepada orang lain.

Komunikasi juga merupakan kunci sukses nya dalam mempererat suatu hubungan dengan sesama, hubungan yang dimaksud disini adalah hubungan antara kita dengan orang lain seperti hubungan dengan keluarga,teman masyarakat dan pekerjaan.

Dalam komunikasi terdapat 4 jenis komunikasi dasar yang perlu kita ketahui dan jenis komunikasi tersebut yaitu , non verbal, tertulis dan visual dimana masing-masing jenis komunikasi ini memiliki makna yang berbeda-beda.

Berikut Penjelasan Tentang :

1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang mengunakan pengucapan bahasa baik itu menggunakan bahasa sehari-hari maupun memakai bahasa isyarat, dengan tujuan menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain.

Dalam proses menyampaikan komunikasi verbal ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah perhatikan intonasi nada bicara dengan jelas dan tegas, pakailah bahasa yang mudah dipahami oleh lawan bicara kita agar dia dapat menyerap informasi atau perkataan dari kita dengan baik.

Hindari berbicara dengan cepat dan jangan mengucapkan kalimat kasar karena tindakan tersebut dapat membuat orang lain kurang paham dengan informasi yang kita sampaikan dan dapat menyebabkan kesalahpahaman.

2.

Komunikasi non verbal merupakan jenis komunikasi yang mengunakan bahasa isyarat tubuh atau memakai gestur tubuh saat berbicara kepada orang lain. Komunikasi non verbal biasa disebut juga sebagai salah satu teknik dalam komunikasi dengan menggunakan body language.

Komunikasi nonverbal biasa dilakukan seseorang tanpa sengaja maupun sengaja, komunikasi non verbal biasa digunakan seseorang diantaranya untuk sebagai salah satu menyakinkan dan menegaskan pesan yang dia sampaikan kepada orang lain.

Dalam mengunakan komunikasi non verbal pastikan kita melakukan kontak mata langsung dengan seseorang yang bersangkutan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3.

Seperti namanya komunikasi tertulis merupakan komunikasi yang mengunakan tulisan baik itu tulisan tangan maupun tulisan hasil ketikan. Komunikasi tertulis biasanya digunakan seseorang sebagai alat penghubung jarak jauh dengan orang lain, caranya pun cukup mudah yaitu dengan menuliskan sebuah surat.

Seiring berkembangnya jaman sebagian orang lebih memilih mengunakan smartphone mereka untuk mengirim pesan kepada orang lain.

Misalnya saja ketika kita ingin melamar pekerjaan karena lokasi kerja yang begitu jauh maka kita bisa mengirimkan surat lamaran kerja dan CV serta beberapa berkas dokumen penting lainnya melalui surat elektronik atau email.

Menggunakan komunikasi tertulis harus bisa menguasai teknik menulis dengan baik, diantaranya harus memperhatikan pengunaan tanda baca dan usahakan dalam menulis jangan mengunakan kata-kata yang disingkat karena tidak semua orang paham dengan arti kata singkatan.

Jika bisa hindari menulis surat dengan tulisan yang panjang dan bertele-tele karena itu dapat membuat orang yang membaca tulisan atau pesan kita mudah bosan, menulis lah dengan kalimat yang ringkas dan mudah dipahami oleh penerima surat.

4.

Komunikasi visual merupakan jenis komunikasi yang mengunakan gambar, sketsa dan juga karya seni untuk menyampaikan sebuah informasi penting kepada seseorang.

Dalam sehari-hari kita bisa menemukan contoh dari komunikasi visual yaitu salah satunya tanda rambu-rambu lalu lintas dan poster.

Itulah beberapa pengertian jenis komunikasi dan contohnya banyak sekali orang yang beranggapan bahwa komunikasi hanyalah sebatas sebuah proses berbicara kepada orang lain.

Memang pada inti dari komunikasi adalah proses menyampaikan pesan kepada orang lain dan menerima pesan dari orang lain, namun didalam komunikasi ada jenis komunikasi yang berbeda-beda yang perlu kita ketahui dan pahami untuk memperluas pengetahuan kita.

Check Also

cara memakai dasi SMP

5 Cara Memakai Dasi SMP untuk Peserta Didik Baru, Mudah dan Simple!

ERUDISI.com – Seragam kamu bisa terlihat berantakan jika kamu tidak memakai dasi dengan benar. Simak …