10 Contoh Sikap Menghargai Orang Lain

ERUDISI.com – Tentunya setiap orang pasti ingin dirinya dapat dihargai oleh orang lain begitupun dengan kita, sudah seharusnya kita sebagai makhluk sosial bisa menghargai sesama

Arga Fica

10 Contoh Sikap Menghargai Orang Lain foto: (pexels)
10 Contoh Sikap Menghargai Orang Lain foto: (pexels)

ERUDISI.com – Tentunya setiap orang pasti ingin dirinya dapat oleh orang lain begitupun dengan kita, sudah seharusnya kita sebagai makhluk sosial bisa menghargai sesama agar terciptanya sebuah kerukunan dan juga hubungan yang baik .

Sikap tidak dapat dilakukan secara terpaksa karena sikap menghargai orang lain selalu berasal dari keinginan hati dan juga kesadaran diri sendiri, jika kamu ingin dihargai oleh orang lain maka kamu pun harus bisa menghargai orang lain juga.

Ada beberapa bentuk atau sikap yang dapat menunjukan bahwa orang lain menghargai kita begitupun sebaliknya, berikut ini adalah contoh atau sesama manusia ataupun orang lain.

:

1. Memberikan Salam

Saat kita sedang bertamu ke rumah orang lain tentunya kita tidak langsung main masuk kedalam rumah orang lain tanpa permisi, tapi kita harus mengucapkan salam atau permisi terlebih dahulu sampai tuan rumah menjawab dan mempersilahkan kita masuk kedalam rumahnya.

2. Memberikan Sapaan

Ketika tidak sengaja bertemu dengan orang yang kita kenali alangkah baiknya jika kita menyapanya. Kita bisa memangil namanya ataupun mengunakan kalimat sapaan seperti hai,halo, selamat pagi dan juga lainnya jangan malah pura-pura tidak melihat ataupun memilih bersembunyi .

3. Saling Menolong

Saat melihat teman maupun orang lain yang sedang mengalami kesulitan dan kesusahan, alangkah baiknya jika kita mempunyai inisiatif untuk membantunya supaya beban dan kesulitan yang dia alami berkurang.

4. Saling Memberi

Memberikan sesuatu pada orang lain tidak akan membuat diri kita menjadi rugi, saat kita mempunyai rezeki yang lebih tidak ada salahnya jika kita melakukan berbagi rezeki. Berbagi rezeki bisa dalam bermacam-macam bentuk seperti uang, makanan, sembako, barang dan lainnya yang terpenting ikhlas dan niat berbagi.

5. Memberikan Kesempatan Berbicara Kepada Orang Lain

Saat orang lain sedang berbicara jangan pernah memotong pembicaraannya, berikanlah kesempatan pada orang lain untuk berbicara ataupun mengutarakan pendapatnya yang perlu kita lakukan adalah menjadi pendengar yang baik.

6. Menghargai Pendapat Dari Orang Lain

Tidak semua orang memiliki pendapat maupun pandangan yang sama dengan kita untuk itu jangan pernah memaksa orang lain untuk memakai  pendapat yang kamu miliki, cobalah untuk menghargai dan mengerti pendapat dari sudut pandang orang lain juga.

7. Meminta Maaf

Jangan pernah merasa gengsi ataupun malu untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah kita perbuat baik tanpa sengaja maupun tidak, sudah seharusnya kita meminta maaf pada orang yang bersangkutan atas kesalahan yang telah kita perbuat.

8. Mengutamakan Orang Lain

Saat berada di luar jangan lupa untuk memperhatikan setiap orang yang ada disekitar kita misalnya saja kita sedang duduk dan melihat seorang lansia yang tidak mendapatkan tempat duduk, tidak ada salahnya jika kita bersedia memberikan tempat duduk pada seorang lansia yang lebih membutuhkan.

9. Berbicara Dengan Sopan Dan Santun

Selalu perhatikan setiap kata dan intonasi suara kita saat berbicara dengan orang lain, pilihlah kalimat kata yang sopan dan pakailah nada bicara yang baik hindari berbicara mengunakan intonasi suara yang keras dan juga jangan pernah membantah maupun membentak orang lain.

10. Mengucapkan Terimakasih

Setelah bertemu dengan orang lain maupun mendapat sesuatu dari orang lain jangan lupa mengucapkan terimakasih sebagai bentuk menghargainya, kita bisa mengucapkan terimakasih dengan gerakan badan sedikit menunduk agar orang lain dapat merasa senang dan juga dihargai.

Itulah beberapa contoh sikap menghargai orang lain yang dapat kita terapkan didalam kehidupan sehari-hari, sudah seharusnya kita bisa satu sama lain tanpa membeda-bedakan.

Related Post