Cara ampuh mengembalikan mood
Ilustrasi Source Image: psychalive.org

Cara Menghilangkan Bad Mood dengan Cepat

ERUDISI.com – Banyak yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan . Bad mood yang membuat kita sering terpancing emosi, marah-marah nggak jelas, serba salah, baperan dan emosi lainnya yang tidak terkontrol.

Bahkan dampak dari badmood ini sangat tidak baik bagi kelangsungan akfititas harian kita.

Mengenal Bad Mood

Bad Mood sendiri adalah perasaan atau suasana hati yang tidak nyaman, baik itu rasa jengkel, marah, bosan, sedih. Biasanya perasaan ini akan terlihat dari ekspresi kita dan mempengaruhi kegiatan harian kita.

Orang yang mudah bad-mood sangat tidak baik bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga hubungannya dengan orang lain seperti keluarga, teman kerja dan kolega.
Jika kita sudah merasa bad-mood maka kita perlu segera sadar dan berusaha menghilangkan perasaan tersebut.

Meski tidak mudah, tapi dengan niat dan kerja keras kita. Bad Mood akan hilangkan dengan segera..

Cara Menghilangkan Bad Mood

Banyak cara yang bisa kita lakukan saat kita sadar suasana hati sedang tidak baik-baik saja. Berikut cara menghilangkan bad mood yang bisa kita lakukan:

1. Jika Lelah Istirahatlah sejenak

Tentu saja banyak faktor yang membuat suasana hati berubah jelek. Salah satunya lelah denah semua kegiatan. Jika ini terjadi, maka istirahatlah sejenak. Hal ini akan membuat kita lebih relaks dan semangat lagi menatap hari.

2.  Jika Sedih, Perbanyak Olahraga

Kadang kesendirian membuat bad-mood semakin menjadi-jadi. Terlihat murung dan sedih. Lakukanlah aktifitas fisik seperti olahraga pagi, workout, streching (peregangan) dan olahraga lainnya.

Tubuh yang bergerak akan membuat kita lebih terdorong energik ketimbang murung dan sedih.

3. Jika Gelisah Maka Berwhudu, Shalat dan Muhasabah

Ketika kita sadar kita gelisah maka  segeralah tarik nafas dan ambil wudhu. Lakukan shalat Sunnah dua rakaat dan berdoalalah pada sujud kita. Usahakan kita tenang dan bersikap jujur saat muhasabah (mengevaluasi diri).

Percayalah sifat gelisah tersebut datangnya dari setan, sehingga kita perlu meminta perlindungan kepada Allah pemilik langit, bumi beserta isinya.

4. Jika Malas Maka Lakukan Digital Detox

Salah satu penyebab malas adalah terlalu asyik dengan dunia lain yang menyenangkan. Padahal kerjaan menumpuk, akibatnya bad-mood datang tanpa sebab. Jika ini terjadi maka lakukan digital detox.
Kita perlu membatasi penggunaan gadget. Berikan batas waktu penggunaanya agar semangat melakukan aktifitas lainnya.

5. Jika Marah Maka Bacalah Al-Qur'an dan Dengar Kajian

Marah sebagai ungkapan terhadap bad mood, sehingga kita perlu meminimalisir kemarahan tersebut. Bisa dengan membaca Alquran atau mendengarkan kajian.
Jika seseorang yang marah akan merasa tenang setelah membaca Alquran ataupun mendapatkan ilmu. Dimana ilmu itu sangat ampuh menasehati jiwa yang sedang labil atau marah.

6. Jika Overthinking Maka Menulislah

Salah satu terapi ampuh saat kita overthinking adalah menulis. Semua pikiran-pikiran berlebihan bisa kita salurkan secara tepat. Ide -ide kita jadi lebih terarah dan akhirnya tidak gampang bad-mood.

7. Cara Menghilangkan Bad Mood: Jika Stress Maka Bawalah Jalan-Jalan

Jalan-jalan juga cara ampuh mengembalikan mood kita kembali happy lho. Pilihlah jalan-jalan sesuai budget yang kita miliki. Jangan sampai karena ingin jalan-jalan hilangkan stress malah membuat stress baru karena hutang sana sini.

Jalan-jalan tidak selalu mahal, bisa dengan berjalan di , keliling , kulineran di Abang bakso. Intinya saat bad mood maka pergilah dari rumah. Hirup udara segar taman kota saja sudah membuat mood kita kembali kok.

8. Jika kita Burn Out Maka Pilihlah Kegiatan Menyenangkan Versi Kamu

Jika kita mengalami burn out (stress berat) maka lakukanlah kegiatan yang menurut kita menyenangkan seperti berendam air hangat, menyeduh teh hangat, jalan-jalan, staycation di hotel, baca buku, scrolling sepuasnya, makan enak dan kegiatan lain yang menurut kita solusi.

Percayalah bad mood itu adalah suasana hati yang bisa kita hilangkan dengan segera. Kita memiliki kemampuan mengontrol diri dengan baik. Semoga berhasil.

Itulah beberapa cara menghilangkan bad mood yang bisa kita terapkan. Terima kasih telah membaca artikel kami. Selalu temukan jawaban dan inspirasi bersama Erudisi.

Check Also

Mengenal 5 Ciri-ciri Love Bombing foto: (pexels)

Mengenal 5 Ciri-ciri Love Bombing

ERUDISI.com – Love bombing adalah salah satu sikap yang dimiliki oleh sebagian orang yang di …