12 Fakta tentang Semut yang Menakjubkan

Semut sungguh mahluk yang mengagumkan sekaligus menakjubkan!

Mereka memiliki beberapa kemampuan yang mungkin sudah akrab kita ketahui. Seperti misalnya, ternyata semut itu sangat kuat, mereka mampu mengangkat beban berkali-kali lipat dari bobot tubuhnya sendiri.

Kita juga tahu bahwa semut adalah termasuk jenis serangga dan hidup berkoloni. Tapi, tahukah Anda bahwa koloni semut ternyata dapat sedemikian besarnya sampai mencapai panjang ribuan mil?

Lihatlah fakta mengejutkan pada semut di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang betapa menakjubkannya serangga yang satu ini.

Anatomi

1. Semut tidak punya telinga

Semut tidak memiliki telinga pada umumnya seperti manusia. Mereka ‘mendengar’ dengan cara menangkap getaran. Alat-alat sensor khusus pada kaki-kakinya membantu semut menangkap dan merasakan getaran dari lingkungan sekitarnya.

2. Semut memiliki ukuran otak paling besar dari semua serangga lainnya

Semua memiliki kurang lebih 250.000 sel otak,  lebih banyak dari serangga lainnya. Secara kolektif, sebuah koloni besar semut bisa memiliki sel otak hampir sama banyak dengan sel otak manusia.

3. Semut memiliki 2 perut

Semut memiliki 2 buah perut. Satu perut digunakan untuk kepentingan diri sendiri, sedangkan perut lainnya digunakan untuk berbagi makanan dengan anggota koloni lainnya.

Reproduksi

4. Beberapa jenis semut bereproduksi secara aseksual.

Beberapa spesies semut berkembang biak secara aseksual, dengan mengkloning dirinya melalui sebuah proses yang disebut dengan thelytokous parthenogenesis. Sebuah telur tak dibuahi berkembang menjadi jenis betina pada proses reproduksi ini.

Semut juga bisa saja berkembang secara seksual. Namun, karena semut tidak memiliki kromosom seksual, maka pembuahan lah yang menentukan jenis kelaminnya.

Jika sebuah telur menjadi terbuahi, maka ia berkembang menjadi betina. Sedangkan telur yang tak dibuahi, berkembang menjadi jantan.

Koloni semut

5. Semut bisa memiliki koloni yang luar biasa besarnya

Diperikirakan, koloni semut terbesar di dunia yang pernah ditemukan, mencapai luas lebih dari 3.600 mil. Ini tentu ukuran yang sangat besar, karena menyeberangi linta beberapa negara seperti Italia, Perancis dan Spanyol. Koloni ini dihuni oleh spesies Semut Argentina.

Fakta semut menakjubkan lainnya

6. Semut bisa menjadi ‘zombie’

Sejenis jamur yang disebut dengan ‘jamur semut’ (Ophiocordyceps Unilateralis), bisa menginfeksi seekor semut. Setelah terinfeksi, semut lalu seolah-olah bisa dikontrol untuk mencari dan menempelkan dirinya pada dedaunan yang cocok untuk perkembangbiakan jamur tadi. Setelah infeksi mencapai titik tertentu, kepala semut akan meledak, melepaskan jamur parasit tersebut.

7. Semut terbesar

Semut hidup terbesar yang pernah ditemukan berukuran antara 3 – 5 centimeter. Beberapa fosil semut, bahkan lebih besar lagi, mencapai panjang 6cm.

8. Semut dapat bertahan hidup pada kondisi basah bahkan banjir sekalipun

Semut bernafas menggunakan struktur khusus yang disebut dengan spirakel. Saat lingkungan sekitar menjadi terlalu lembab atau basah, disebabkan oleh banjir atau bencana alam lainnya, semut mampu menutup spirakel mereka untuk bertahan hidup. Bahkan mereka bisa bertahan hidup di dalam air untuk beberapa lamanya.

9. Umur semut

Sementara masa hidup rata-rata semut berkisar antara 60 – 90 hari saja, beberapa ratu semut bisa bertahan hidup hingga 20 – 30 tahun! Karena itulah mereka pantas jadi ratu!

10. Beberapa semut memiliki tubuh tembus pandang

Beberapa jenis semut memiliki tubuh transparan. Tubuh mereka bisa berubah warna apapun sesuai makanan yang mereka makan. Bayangkan jika kemampuan itu Anda miliki! Wowww…

11. Semut bisa mempertahankan diri dengan zat asam

Beberapa jenis semut menyemprotkan sejenis asam untuk mempertahankan diri atau mengusir pesaing dari lingkungannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here