4 Cara Ampuh Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh secara Alami

Racun bisa masuk ke dalam tubuh melalui beragam cara; makan makanan yang mengandung zat kimia berbahaya, obat-obatan, secara langsung melalui kulit atau bisa juga karena makanan yang berasal dari tanaman beracun tertentu.

Racun dalam tubuh, tentu saja sangat berbahaya, mulai dari merusak sel-sel tubuh kita, menyebabkan penyakit, gangguan fungsi organ tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian jika kadar racun cukup tinggi.

Kita tak bisa membiarkan racun tetap berada di dalam tubuh yang dapat mencelakakan. Karena itu, sudah seharusnya kita membuang racun-racun tersebut.

Lalu bagaimana cara membuang racun dari dalam tubuh?

1. Penuhi kebutuhan air harian

Perlu kalian tahu, bahwa air merupakan salah satu penghalau racun terbaik bagi tubuh. Bagi seseorang yang keracunan makanan ataupun minuman, pertolongan pertama adalah dengan banyak memberikan minum, karena racun akan larut dan konsentrasinya menjadi rendah. Jadi bisa mengurangi dampak dari racun yang menjalar ke seluruh tubuh.

Minum air minimal 8 gelas sehari atau 1,5 liter, itu sudah menjadi bagian dari proses menghilangkan racun dalam tubuh.

2. Olahraga rutin

Dengan berolahraga 20 menit sehari atau paling tidak 3 kali seminggu, bisa menghalau racun dari dalam tubuh. Racun-racun ini akan dikeluarkan melalui saluran keringat dan juga air seni.

Selain itu, dengan berolahraga secara teratur juga bisa meningkatkan performa tubuh, mulai dari kesehatan jantung, saluran pernafasan, ginjal, hingga mencegah dari berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

3. Makan sayur dan buah-buahan segar

Cara mengeluarkan racun dalam tubuh selanjutnya adalah dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Di dalam sayuran ada zat yang bermanfaat untuk menghalau racun secara alami.

Hindari makanan serba instan, seperti mie instan itu atau makanan cepat saji lainnya, karena lama-kelamaan sangat tidak baik buat kondisi kesehatan tubuh.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang berkualitas yaitu yang tidak patah-patah, sangat baik bagi kesehatan, karena selain tubuh beristirahat, juga membantu mengeluarkan racun ada di dalam tubuh.

Salah satu mekanisme pembuangan racun adalah melalui saluran BAK / BAB di pagi hari. Untuk itu, ketika bangun tidur ingin buang air, jangan pernah menunda-nunda, karena racun dapat terserap kembali ke dalam tubuh.

Itulah beberapa cara mudah mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang ampuh dan alami.