ramuan detoks alami menurunkan berat badan
Berbagai bumbu dapur (Foto: Solaris Whole Health)

5 Ramuan Detoks Baik Dikonsumsi Setiap Hari

merupakan olahan berbagai makanan dan rempah-rempah yang dapat memberikan manfaat bagi . Banyak sekali ramuan detoks bisa kita buat sendiri. Banyak sekali bahan-bahannya, bahkan sangat mudah kita temukan di dapur kita sendiri.

Berikut 5 bahan ramuan yang bisa kita jadikan minuman dan bagus kita konsumsi setiap hari:

1. Jahe dan Jeruk Nipis

Konsumsi jahe dan jeruk nipis dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal pilek dan flu, meningkatkan energi dan stamina serta metabolisme tubuh.

Caranya: Rebus jahe dengan air mendidih selama 15 menit, biarkan hangat tambahkan perasan jeruk nipis. Bisa juga menambahkan madu.

2. Ramuan Detoks Pare dan Serai

Pare dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Bahkan dalam dunia per-JSRan, pare sangat bagus untuk membersihkan tubuh. Ramuan ini bisa diminum sebelum tidur dan di pagi hari.

Caranya: Potong serai kecil-kecil. Potong pare jadi bagian kecil-kecil juga. Jangan lupa buang biji dan rebus kedua bahan tersebut. Minum saat hangat.

3. Bit

Ramuan detoks berikutnya yang penting kita konsumsi adalah buah bit. Buat ini bermanfaat menumbuhkan dan menggantikan sel-sel yang rusak, memperlancar keseimbangan dalam tubuh, menumbuhkan jaringan, menormalkan saluran darah serta membentuk sel darah merah. Banyak lagi manfaat buah bit ini bagi tubuh kita.

Caranya: Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Minum rutin setiap pagi hari.

4. Kayu Secang

Kayu secang sangat terkenal sebagai ramuan tradisional yang ampuh menghangatkan tubuh. Ramuan khas Indonesia ini sering dijadikan salah satu bahan membuat wedang uwuh. Rasanya sangat manis dan aromanya wangi.

Kayu secang juga mampu mengatasi peradangan pada tubuh, membunuh bakteri penyebab penyakit, meringankan gejala diare, mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan mengontrol gula darah.

Cara konsumsi: Siapkan kayu secang, jahe dan serai. Sedih dengan air panas. Biarkan hangat dan tambahkan madu. Minum 3 kali sehari saat sakit dan satu kali setiap hari saat sehat bisa diselang seling dengan ramuan detoks lainnya.

5. Jamu Mantul

Ramuan ini disebut jamu Mantul karena khasiat dari seduhannya mantap betul. Perpaduan gula aren, kayu manis, jahe, kencur dan kunyit mampu jadi detoks terbaik bagi tubuh.

Selain itu juga melancarkan peredaran darah, antioksidan, lemak di tubuh akan hilang, usus sehat, tubuh wangi dan banyak lagi khasiatnya.

Cara Membuat: Rebus air, gula aren dan kayu manis kemudian masukkan serai. Setelah mendidih seduh ke dalam gelas yang telah berisi jahe, kencur dan kunyit. Jangan lupa bakar terlebih dahulu jahe, kunyit dan kencur serta iris kecil-kecil.

Nah, itulah 5 ramuan detoks yang ampuh dijadikan minuman sehat untuk tubuh. Konsumsi rutin akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. di dalam tubuh akan hilang secara perlahan.

Tapi jangan lupa ya seimbangkan dengan tidur dan minum air putih yang cukup, konsumsi makanan kaya antioksidan, aktif bergerak dan kurangi asupan gula.

Nah, dari beberapa ramuan tersebut mana ramuan detoks andalan kalian? Yuk sharing di kolom komentar.