5 Tanda & 5 Cara pencegahan Pada Penyakit Tipes

Penyakit tipes merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh, ini karena penyakit satu ini bisa menimbulkan kematian jika tidak ditangani secara tepat. Setiap orang memiliki resiko terjangkit penyakit ini jika tidak menjaga kesehatan dan kebersihannya dengan baik. Gaya hidup yang tidak sehat hingga kebiasaan mengkonsumsi makanan fast food bisa meningkatkan resiko terjangkit penyakit ini.

Gejala Umum Tipes

1. Demam

Demam menjadi gejala umum yang sering terjadi pada pasien pengidap penyakit ini. Umumnya demam akan mengalami peningkatan secara bertahap dan puncaknya bisa mencapai 39-40 derajat Celcius. Sebagian besar kasus yang terjadi, demam akan semakin tinggi pada malam hari dan turun pada pagi dan siang hari.

Pada kondisi kenaikan suhu tubuh, beberapa pasien yang terjangkit penyakit tipes mengeluhkan tubuh merasa menggigil. Kondisi seperti ini umum terjadi dan biasanya disertai dengan tubuh merasa kurang nyaman. Hal seperti ini akan menyebabkan posisi tidur menjadi berubah-ubah, namun disarankan untuk bersandaran terlebih dahulu.

2. Mual dan Muntah

Ketika bakteri sudah berkembang lama dalam tubuh seseorang, umumnya gejala lain seperti mual dan muntah akan didapati. Gejala ini muncul ketika inkubasi bakteri berkembang pada hari ke-5 dan selanjutnya. Apabila keadaanya semakin parah, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dan tidak memperparah kondisinya.

3. Nafsu Makan Berkurang

Kondisi tubuh yang tidak prima akan membuat seseorang menjadi kehilangan nafsu makan. Begitu juga dengan penderita tipes akan mengalami nafsu makan berkurang. Padahal di saat seperti itu tubuh membutuhkan banyak asupan gizi agar meningkatkan sistem imunitas dalam melawan bakteri yang berkembang di tubuh.

Apabila tidak dipaksakan untuk makan, nantinya tubuh akan kekurangan nutrisi dan membuatnya menjadi lemas. Jika kondisi seperti ini berangsur berhari-hari tanpa ada pencegahan yang tepat, besar kemungkinan orang tersebut dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu, berusahalah untuk makan meskipun kehilangan nafsu makan.

4. Ruam Pada Kulit

Pada beberapa kasus, seseorang yang terjangkit penyakit tipes akan mengalami ruam pada kulit. Biasanya muncul bintik-bintik berwarna merah muda dalam jumlah yang banyak. Disarankan untuk tidak menggaruk jika terasa gatal karena akan mempengaruhi kondisi kulit dan memperparah gejala. Akan lebih baik jika diberikan bedak untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

5. Sakit Perut

Meskipun jarang terjadi, namun gejala sakit perut pada penderita tipes tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tingkat keparahan gejala ini beragam, mulai dari yang ringan hingga berat, tergantung dari kondisi masing-masing. Sebaiknya tidak diberikan obat sakit perut sembarangan karena bisa saja memperparah kondisinya.

Pencegahan Tipes

1. Rutin Cuci Tangan

Tangan menjadi sumber pembawa penyakit karena digunakan untuk menyentuh makanan. Oleh karena itu, usahakan rutin mencuci tangan sebelum ataupun sesudah menyentuh ataupun mengolah makanan. Kebiasaan mencuci tangan secara rutin ini tidak hanya menghindari dari tipes, namun dari penyakit lainnya juga.

2. Konsumsi Air Bersih

Jika keluar rumah, sebaiknya membawa botol minuman sendiri karena kebersihan air minum tersebut sudah terjamin. Namun jika tidak sempat membawa botol minum, sebaiknya konsumsi air dalam kemasan yang sudah terjamin. Hindari mengkonsumsi air minum yang tidak jelas asal usul hingga tingkat higienisnya.

3. Kurangi Makanan Mentah

Makanan mentah seperti seafood sebaiknya dikurangi karena memiliki resiko terjangkit tipes. Jika memang ingin mengkonsumsi makanan seperti itu, pastikan kebersihan dan kesegarannya. Akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan matang karena suhu yang panas bisa mematikan bakteri, sehingga aman untuk dikonsumsi.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal

Bersihkan kamar tidur, kamar mandi dan lingkungan tempat tinggal secara rutin. Selain dapat mencegah dari serangan tipes, juga mencegah dari penyakit lainnya. Hindari pertukaran barang pribadi dengan yang lainnya seperti handuk, sikat gigi dan sebagainya. Jangan lupa untuk menggantinya secara teratur.

5. Kurangi Jajan Di Luar

Kualitas jajanan di luar ataupun di pinggir jalan memang belum dipastikan kebersihannya. Boleh-boleh saja mengkonsumsi sesekali, namun jangan terlalu sering. Pastikan penyajiannya memang bersih dan terjamin.

Penutup

Dengan mengetahui gejala dan pencegahan penyakit tipes di atas, diharapkan orang-orang lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatannya masing-masing. Mengubah gaya hidup menjadi sehat menjadi kunci utamanya. Namun jika sudah terjangkit, maka segeralah ke dokter untuk penanganan yang lebih baik.