7 Fakta Menarik tentang Jamur

Apa yang Anda ingat saat menyebut kata jamur? Apakah Anda ingat pepes jamur yang lezat? Atau kumpulan jamur yang tumbuh di kamar mandi?

Ya, kedua-duanya termasuk jenis jamur, karena begitu banyak jenis jamur yang ada di alam, mulai dari yang bersel tunggal (ragi dan jamur kapang), sampai berjenis organisme bersel banyak yang memproduksi spora untuk berkembang biak.

Jamur termasuk organisme eukariota yang diklasifikasi pada regnum (kerajaan)-nya sendiri, disebut Jamur. Dinding sel dari jamur mengandung kitin (chitin), satu polimer yang memiliki struktur sama dengan glukosa. Tidak seperti tumbuhan lain, jamur tidak memiliki klorofil sehingga mereka tidak bisa membuat makanannya sendiri. Jamur biasanya mendapatkan nutrisi/makanan dengan cara penyerapan. Mereka mengeluarkan semacam enzim percerna ke lingkungannya dalam proses ini.

Jamur sangat beragam dan berkontribusi besar dalam dunia pengobatan. Mari kita lihat 7 hal menarik seputar jamur di bawah ini:

1. Jamur bisa menyembuhkan penyakit

Pasti Anda cukup familiar dengan antibiotik yang disebut penisilin. Tapi tahukah Anda bahwa ia dibuat dari jamur?

Sekitar tahun 1929, seorang dokter di London, Inggris menulis jurnal yang berjudul ‘Penicillin yang diambil dari kata Penicillium Notatum (sekarang dikenal sebagai Penicillum Chrysogenum), yang memiliki kemampuan membunuh bakteri. Penemuan dan risetnya telah membuka jalan bagi penelitian-penelitian lanjutan dalam pengembangan banyak antibiotik lain. Semua ini mampu menyelematkan banyak nyawa.

2. Jamur juga bisa menyebabkan sakit

Banyak penyakit juga disebabkan oleh jamur. Seperti misalnya, banyak orang menyangka bahwa kurap/kadas disebabkan oleh kuman, sesungguhnya ia disebabkan oleh jamur. Begitu pula dengan banyak penyakit lain, seperti infeksi mata, histoplasmosis, semua disebabkan oleh jamur.

3. Jamur bisa sangat mematikan

Beberapa jenis jamur adalah beracun. Bahkan di antaranya sangat lah beracun yang dapat menyebabkan kematian mendadak bagi binatang dan manusia. Jamur mematikan ini biasanya mengandung senyawa yang dikenal dengan nama amatoksin.

Amatoksin ini dapat menghambat produksi RNA polimerase II. RNA polimerase II adalah enzim yang dibutuhkan dalam produksi salah satu jenis RNA yaitu RNA Duta (messenger RNA – mRNA). mRNA ini sangat berperan penting dalam transkripsi DNA dan sintesis protein. Tanpa RNA polimerase II, metabolisme sel akan berhenti dan lisis sel akan terjadi (sel akan mati).

4. Jamur sangat penting bagi lingkungan hidup

Jamur memegang peranan penting dalam proses daur ulang nutrisi dalam lingkungan hidup. Jamur adalah pengurai utama bagi makhluk hidup yang telah mati. Tanpa mereka, daun, pohon mati, dan sampah organik lain yang menumpuk di hutan, tidak akan memberi manfaat nutrisi mereka bagi tumbuhan lain.

Salah satunya adalah nitrogen yang merupakan komponen penting yang dilepaskan saat jamur mengurai zat-zat organik.

5. Jamur mampu bertahan untuk jangka waktu lama

Tergantung pada kondisi, banyak jenis jamur, dapat bertahan dalam keadaan setengah hidup dalam jangka waktu yang lama. Bahkan beberapa di antaranya mampu bertahan selama bertahun-tahun (bahkan puluhan tahun), dan masih sanggup untuk tumbuh kembali saat kondisi memungkinkan.

6. Jamur dapat mengendalikan hama

Beberapa spesies jamur bisa menekan pertumbuhan serangga dan nematoda yang merupakan hama bagi tanaman budidaya. Biasanya jamur yang memiliki kemampuan seperti ini adalah bagian dari kelompok yang disebut hyphomycetes.

7. Sebuah jamur bisa menjadi organisme hidup terbesar di planet raya

Adalah jamur madu yang diketahui sebagai organisme terbesar di dunia. Dipercaya jamur ini telah berusia 2400 tahun dan tumbuh pada area seluas 800 hektar! Menariknya, untuk tumbuh sebesar itu jamur madu memakan pepohonan yang ada.

Nah, itu lah 7 fakta menarik tentang jamur. Masih ada beberapa fakta menarik lainnya dari jamur ini, seperti misalnya jamur yang digunakan untuk memproduksi asam sitrat sampai jamur yang membuat semut menjadi zombi. Beberapa jamur juga mengandung bioluminescent yang dapat berkilau di dalam gelap.

Ya, alam sangat menakjubkan dan masih menyimpan banyak fakta dan rahasia yang belum terungkap oleh manusia.