Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis

Pengguna smartphone Android sering mengeluhkan baterai smartphonenya boros, walaupun sudah didukung kapasitas baterai besar. Banyak hal yang mempengaruhi borosnya baterai hp Android, dan salah satunya adalah jumlah aplikasi yang berjalan pada background process yang membuat komponen hardware harus bekerja ekstra memenuhi kebutuhan daya pemrosesan. Selain itu, masih banyak faktor lain seperti akses internet dan resolusi layar yang mampu menyedot daya baterai dalam jumlah besar.

Solusi utama untuk mendapatkan smartphone Android yang awet adalah dengan membeli smartphone berkapasitas baterai jumbo. Sayangnya rata-rata hp Android dengan baterai berkasitas besar dibanderol cukup mahal. Namun masih banyak solusi lain untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android, selain membeli smartphone Android mahal dengan kapasitas baterai besar. Kali ini Erudisi ingin memberi tahu cara agar baterai Android tidak cepat habis.

1. Matikan notifikasi

Menonaktifkan notifikasi menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga agar baterai Android tetap awet. Pasalnya setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi maupun game rata-rata terhubung dengan internet sehingga akan menyedot daya baterai secara signifikan. Cara untuk menonakfitkan notifikasi juga terbilang mudah, kamu cukup pergi ke menu setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplkasi ataupun game yang tidak ingin kamu tampilan notifikasinya, lalu pada bagian bawah hilangkan tanda centang “Show Notification“.

2. Jangan gunakan Live Wallpaper

Live wallpaper memang mempercantik tampilan smartphone Android yang sobat miliki. Namun wallpaper jenis ini akan menyedot bateria secara cepat, sehingga daya tahan baterainya akan berkurang. Agar baterai Android awet, lebih baik sobat memakai wallpaper statis atau tidak bergerak. Selain itu, lebih baik mengurangi pemakain widget yang tidak penting agar konsumsi daya baterai semakin rendah, dan dapat di alihkan untuk kebutuhan multimedia ataupun berkomunikasi. Baca juga: Cara Membuka Kunci Smartphone dengan Suara

3. Matikan WiFi

Cara agar baterai Android awet dan tidak cepat habis yang ketiga adalah dengan cara mematikan konektivitas Wi-Fi disaat sobat berada diluar ruangan, dan lebih memilih memakai jaringan 3G ataupun 4G LTE. Cara ini sangat penting, karena smartphone Android akan terus mencari sinyal wifi terdekat, sehingga otomatis akan terus mengurangi daya baterai cukup besar. Namun disaat memungkinan memakai jaringan Wi-Fi  lebih baik sobat memakainya, karena konsumsi daya baterianya lebih irit dibandingkan memakai jaringan 4G atau 3G.

4. Turunkan kecerahan layar

Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghembat daya baterai smartphone Android. Semakin terang layar, maka semakin besar energi yang disedot. Terlebih apabila layar tersebut memiliki resolusi Full HD ataupun Quad HD. Saran kami agar baterai Android awet dan tidak cepat habis, kamu harus mengubah kecerahan layar dari otomatis menjadi manual. Selain itu, atur pula waktu tampil layar (Sleep) dalam hitungan detik. Caranya pun cukup mudah, sobat hanya perlu masuk ke menu setting terus pilih display. Baca juga: Cara Mematikan Ponsel Teman dari Jarak Jauh.

5. Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Cara kelima agar baterai smartphone Android tetap awet adalah dengan cara mematikan aplikasi yang tidak terpakai pada background processor. Caranya cukup mudah, sobat tinggal masuk ke menu setting lalu pilih Apps, selanjutnya ke running service, dan tinggal memilih mana aplikasi yang tidak terpakai. Rata-rata aplkasi yang menguras daya baterai sangat besar adalah aplikasi social media dan chating, jadi lebih baik matikan  atau disable saja aplikasinya tidak dipakai.

6. Matikan GPS

GPS menjadi salah satu faktor mengapa smartphone Android cepat habis. Jadi lebih baik matikan saja apabila sobat berada di dalam ruangan, dan tidak membutuhkan akses navigasi. Untuk mematikan GPS, sobat tinggal masuk ke menu setting lalu pilih menu location anda security. Namun saat berpergian, lebih baik kembali mengaktifkan GPS untuk berjaga-jaga agar smartphone tetap bisa dilacak menggunakan aplikasi Android Device Manager yang otomatis akan terkoneksi dengan akun gmail ponsel yang hilang. Baca juga:  Cara Mengetahui Lokasi Teman Kamu dengan Menggunakan Android

7. Matikan Syncronisasi

Cara agar baterai Android awet adalah dengan cara mematikan syncronisasi secara otomatis lewat menu setting lalu pilih menu Account and sync. Cara ini terbukti sangat efektif, karena mampu mengurangi daya baterai disaat aplilasi melakukan syncrosinasi pada aplikasi yang kita instal.

8. Gunakan aplikasi penghemat baterai

Cara termudah agar baterai Android awet dan tidak cepat habis adalah dengan memakai aplikasi penghemat daya baterai. Namun menurut kami tidak ada aplikasi yang bisa menghemat baterai secara otomatis. Karena rata-rata hanya memonitoring baterai, dan memberikan beberapa profile dengan tujuan agar baterai Android bisa hidup lebih lama. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu coba, seperti Avast Battery Saver, DU Battery Saver, dan masih banyak lagi..

Nah itulah 8 cara agar baterai Android awet dan bisa dipakai dalam waktu lebih lama. Silahkan kamu aplikasikan saran dari kami, dan jangan lupa simak pula informasi mengenai 7 Hal yang Harus Dihindari pada Smartphone.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here