anak susah makan

Anak susah makan sering menjadi permasalahan orang tua. Secara teori hal ini tentu dapat dimaklumi karena anak tentunya masih lebih suka bermain baik itu anak yang sudah bisa bicara (bisa minta makan) maupun anak yang belum bisa bicara. Namun pada kenyataannya orang tua (khususnya ibu) masih sering merasa kesal kalau anaknya tidak mau makan.

Penyebab anak susah makan sangat beragam. Jadi untuk tahu bagaimana caranya supaya anak mau makan orang tua terlebih dahulu harus tahu apa penyebab anak susah makan. Kami merangkum beberapa penyebab anak susah makan sebagai berikut.

1. Anak susah makan karena tampilan

Tampilan yang kami maksud disini adalah cara penyajian makanan. Anak susah makan biasanya karena penyajian makanan yang biasa-biasa saja dan selalu sama sepanjang waktu. Anak menyukai hal-hal baru dan menarik dari segi tampilan.

Jadi kalau ingin mengatasi anak susah makan perhatikan cara penyajian makanannya. Coba sajikan makanan dengan memberikan warna-warna tertentu, dengan bentuk, dan juga tempat-tempat yang menarik.

2. Anak susah makan ukuran

Terkait dengan ukuran ini adalah porsi makanan yang kita berikan pada anak. Anak susah makan biasanya karena melihat makan dalam tempat penyajian terlalu banyak. Sudah banyak ukurannya besar-besar lagi, bisa jadi anak berpikir akan kehilangan waktu banyak untuk menghabiskan makanan tersebut.

Solusi anak susah makan dari segi ukuran ini adalah, berikan porsi sedikit-sedikit saja. Makanan selain nasi yang bisa dibentuk sedemikian rupa buatlah dalam ukuran yang kecil saja. Orang dewasa saja suka makan makanan kecil (cemilan). Makan dengan porsi sedikit dan ukuran kecil tapi terus ditambahkan (sering) maka hasilnya sama saja kalau diberikan sekaligus.

3. Anak susah makan karena rasa

Hal yang satu ini penting untuk diperhatikan orang tua. Bukan hanya anak-anak orang dewasa pun akan sangat susah makan kalau makannya tidak enak. Apabila anak pernah makan makanan tidak enak maka akan terekam dalam memori nya tentang bentuk, warna dan ukuran makanan tersebut. Pada kesempatan lain makanan itu tidak akan mau lagi dimakannya.

Jadi sebelum merasa kesal karena anak susah makan pastikan terlebih dahulu apakah makanan itu enak atau tidak. Anda harus mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan nya. Satu hal yang haru diingat anda harus tahu apa makanan kesukaan anak anda. Tentu hal ini mudah anda cukup melihat kondisi anak anda saat makan.

4. Anak susah makan karena tidak dicontohkan

Seperti pembahasan-pembahasan kami sebelumnya bahwa anak itu senang meniru kebiasaan orang tuanya. Jadi sebelum menyuapi anak anda makanan anda harus makan terlebih dahulu. Anak anda harus tahu bahwa apa yang diperintahkan itu untuk kebaikan karena dilakukan juga oleh orang tuanya. Anak susah makan penyebabnya bisa jadi karena orang tua tidak mencontohkan terlebih dahulu.

Mencontohkan anak untuk makan membuat anak terangsang untuk mencoba juga. Setelah mencoba dan rasanya enak maka biasanya anak tidak mau berbagi makanan. Menjadikan makanan tersebut miliknya dan itulah harapan orang tua.

Intinya adalah kalau anda mengajarkan sesuatu yang baru pada anak misalnya maka. Anda harus terlebih dahulu mencontohkan nya. Anda harus sabar mengajarkan cara makan yang benar bukan sambil bermain atau berlarian kesana kemari. Semua butuh proses namun anda harus terus mengajarkannya sejak dini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here