Cara Pemanenan dan Pengolahan Tanaman Cokra-Cakri

Cara pemanenan tanaman cokra-cakri sangatlah mudah. Anda bisa memotong menggunakan pisau ataupun gunting untuk memanen tanaman ini. Pilihlah daun yang masih muda karena daun yang sudah tua akan berubah seperti kayu dan tidak bisa kita makan.

Selain memangkas daun dari tanaman cokra-cakri ini, Anda juga bisa memangkas sedikit dahan yang masih muda untuk dijadikan sayur.

Salah satu keunikan dari tanaman ini adalah ketika tanaman cokra-cakri tidak dipangkas maka dia akan terus tumbuh meninggi, berbunga dan berbiji. Hingga akhirnya mengering dan mati.

Akan tetapi jika kita rutin memangkas tanaman ini, maka setiap dahan yang kita potong akan menghasilkan dua tunas baru yang bisa kita potong dan bisa kita manfaatkan untuk sayur di kemudian hari. Inilah cara mudah untuk memanen tanaman cokra-cakri ini.

Tips mengolah tanaman cokra-cakri

Setelah anda memanen cokra-cakri potonglah tanaman ini menjadi pendek kurang lebih 5 centi saja. Pisahkan daun dan dahan yang tua, pililah daun yang mudah untuk Anda olah. Setelah Anda memilih daun yang muda, siramlah daun dari tanaman cokra-cakri ini dengan air panas, diamkan beberapa saat.

Penyiraman air panas sebelum anda rebus berfungsi untuk menghilangkan getah dan menghilangkan bau harum yang terlalu tinggi. Selain itu penyiraman ini dimaksudkan untuk menjaga tekstur tanaman cokra-cakri agar tidak hancur ketika anda rebus. Biasanya tanaman cokra-cakri diolah menjadi urapan dengan dicampur sedikit kelapa parut. Inilah cara pemanenan dan pengolahan cokra-cakri secara mudah dan cepat.

Note :

Jika anda tidak melakukan penyiraman dengan air panas maka cokra-cakri akan lumat (hancur seperti bubur) ketika di masak. Oleh karena itu anda harus mencelupkan tanaman ini sejenak kedalam air panas.

Jika anda tidak segera memasak tanaman cokra-cakri ini dan membiarkanya beberapa hari sebelum dimasak maka tekstur dari tanaman ini akan berubah menjadi sangat alot. Rasanya seperti kita memakan serat kawat, oleh karena itu masaklah segera setelah fress anda petik.

Jika anda telah melakukan penyiraman namun tekstur tanaman ini masih sulit untuk dimakan berarti anda memangkas terlalu kebawah sehingga mendapati daun cokra-cakri yang terlalu tua. Oleh karena itu ambilah dua daun dari pupus cokra-cakri, karena inilah daun muda yang nikmat untuk dijadikan sayur.