Memilih Kabel MIDI?

Kabel MIDI menghubungkan MIDI controller atau perangkat MIDI lainnya ke MIDI interface menggunakan konektor 5 pin.

Tidak seperti konektor jenis XLR, Anda menemukan kedua ujung kabel MIDI adalah jenis pria.

Kabel ini pun hanya mengantarkan data satu arah. Dengan kata lain, Anda membutuhkan 2 buah (sepasang) kabel untuk setiap MIDI controller yang digunakan. Satu untuk mengirimkan, satu lagi untuk menerima data antara MIDI controller dan MIDI interface.

Gunakan kabel MIDI untuk menghubungkan drum machine, drum kit elektronik, synthesizer atau MIDI controller lainnya. Selain itu, juga memungkinkan Anda membuat menghubungkan antar perangkat MIDI menggunakan port MIDI Thru.

Tentang panjang kabel, karena data yang dikirimkan adalah data digital, maka Anda tidak perlu risau dengan signal loss atau penurunan kualitas. Namun juga akan terjadi sedikit masalah jika terlalu panjang (lebih dari 15 meter). Karena itu, pilihlah panjang kabel yang sesuai dengan setup ruangan studio Anda. Buat kabel sependek mungkin, namun tetap leluasa mengatur semua perangkat.

Kabel MIDI, terkadang juga tersedia di toko elektronika pada umumnya, maksudnya bukan toko khusus alat-alat musik. Tersedia juga adapter (sambungan) yang berguna untuk menyambung kabel MIDI jika dirasa kurang panjang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here