6 Langkah Alami Mengobati Flu dan Batuk, Yakin Udah Tau Tipsnya?

Erudisi.com – Flu dan pilek merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat lazim sekali di alami oleh banyak orang, yang mana penyakit yang satu ini menyerang pada bagian hidung dan juga mulut.

Meskipun penyakit ini terbilang ringan, namun jangan di biarkan karena penyakit ini sangat mudah menukar pada orang terdekat.

Pada umumnya jenis penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, karena semua kalangan dapat mengalami jenis penyakit ini seperti balita, anak anak, remaja hingga orang tua.

Dengan demikian, Anda patut mengetahui gejala gejalanya dan mengetahui pula magaimana penangannnya yang tepat, namun sebelum mengetahui cara mengatasinya Anda juga wajib mengetahui beberapa penyebab terjadinya jenis penyakit ini.

Penyebab Utama Penyakit Flu dan Pilek

  1. Kondisi daya tahan tubuh yang menurun karena kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.
  2. Alergi pada debu atau hal hal yang bersifat kotor, karena hal tersebut membuat saluran pernafasan menjadi terinfeksi dan membuat seseorang sulit bernafas dan akhirnya mengalami flu.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin dan masih banyak lagi penyebab lainnya.
✔ Populer :  Redakan Flu? Lirik 5 Jenis Makanan ini, Dikit-Dikit Jangan Minum Obat!

Itulah beberapa penyebab flu dan batuk, dan di bawah ini kami juga akan menjabarkan bagaimana cara mudah untuk mengatasi masalah flu dan batuk.

Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Dengan Cepat

1. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Untuk Anda yang memiliki gangguan seperti pilek maka sebaiknya hal yang harus lakukan adalah dengan memperbanyak air putih di mana ini akan membantu meredakan dan lama kelamaan akan mengobati sakit flu dan pilek yang Anda derita.

Cara yang paling tepat dan ampuh dalam mengobati penyakit yang satu ini adalah dengan minum sebagak 8 gelas perharinya, hal ini di lakukan untuk menjaga saluran tenggorokan Anda bersih dari kuman yang menyebabkan Anda sakit flu dan pilek.

2. Perbanyak Minum Minuman Hangat

Minuman hangat akan sangat membantu dalam mengatasi flu dan batuk Anda dengan menghangatkan badan serta dapat melelehkan kepadatan dari ingus dan yang nantinya akan di keluarkan dalam bentuk ludah dan keringat.

Adapun Manfaat yang lainnya adalah mengurangi hidung hidung mampet, mencegah terjadinya dehidrasi, dan melegakan tenggorokan.

✔ Populer :  Cara Mencegah Gejala Flu, Salah Satunya Adalah Hindari Begadang

3. Istirahat yang Cukup

Tekadang jika Anda mengalami flu dan batuk, maka akan di barengi dengan adanya sedikit rasa demam. Hal ini di sebabkan karena daya tubuh Anda yang terus menurun selama sakit.

Maka untuk itulah Anda sangat di sarankan untuk mengistirahatkan tubuh Anda dari berbagai aktifitas yang berat. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Untuk Anda yang terserang penyakit flu dan pilek, sebaiknya Anda menambah asupan makanan sehat Anda seperti buah dan sayur.

Karena kandungan dari mineral dan juga vitaminnya sangat bagus sekali dalam mengembalikan kondsi tubuh untuk lebih fit dan juga untuk memperkuat system kekebalan tubuh untuk melawan penyakit flu dan batuk dari dalam.

5. Makan Makanan Pedas

Ternyata senyawa pada cabai seperti Capsaicin, merupakan bahan kimia yang dapat  membantu dalam membersihkan organ hidung yang dimana ketika serangan flu dan batuk mulai menyerang. Karena itulah, memakan masakan yang mengandung cabai dan bahan pedas lainnya sangat kami sarankan.

✔ Populer :  Cara Mencegah Gejala Flu, Salah Satunya Adalah Hindari Begadang

6. Minuman Tradisional

Minuman tradisional juga sangat bagus sekali untuk Anda konsumsi selama terkena penyakit flu dan batuk dimana ini akan meberikan rasa hangat pada tubuh Anda. Adapun bahan yang bisa Anda gunakan adalah jahe, kencur, temulawak, kunir dan lain sebagainya.

BAGIKAN