Menjalankan PHP pada File .html

Bagaimana cara menjalankan kode PHP pada halaman halamansaya.html yang sudah ada?

Ketika sebuah halaman web diakses, server akan memeriksa ekstensi halaman tersebut untuk menentukan bagaimana ia menanganinya. Atau mudahnya, jika ia berupa file .htm atau .html maka server akan langsung mengirimkannya ke browser, karena tidak ada apapun yang perlu diproses di server.

Namun, jika ia berekstensi .php (atau pun .shtml, .asp dan lainnya), server mengetahui bahwa ada kode yang harus diproses terlebih dulu sebelum dikirimkan ke browser pengguna.

Masalahnya adalah:
Anggap saja, Anda menemukan sebuah script bagus nan sempurna, dan Anda ingin menjalankannya di web Anda, namun Anda perlu menyertakan PHP di halaman web agar ia bisa bekerja.

Ya, Anda bisa saja dengan mudahnya mengganti ekstensi halaman yang tadinya halamansaya.html menjadi halamansaya.php. Namun, sayangnya halaman tersebut sudah memiliki rank bagus di mesin pencari dan telah mendapat cukup backlink berkualitas, dan Anda tidak ingin merubah nama file untuk mempertahankannya.

Apa yang harus saya lakukan?

Sebelum menjawabnya, baiknya saya sampaikan agar menjadi lebih jelas. Jika Anda berniat membuat file baru, tentu yang terbaik adalah membuatnya sebagai .php. Nah, cara ini khusus bagi mereka yang telah memiliki file .html sementara ingin menjalankan PHP di dalamnya.

Cara agar PHP dieksekusi pada dari sebuah halaman .html adalah dengan memodifikasi file .htaccess Anda. Anda bisa melakukannya melalui FTP. Kemudian tambahkan berikut untuk ekstensi .html:

AddType application/x-httpd-php .html

atau jika untuk .htm, maka:

AddType application/x-httpd-php .htm

Jika Anda hanya berniat menjalankan PHP pada salah satu halaman saja, mungkin lebih baik menggunakan:

<Files halamansaya.html>
AddType application/x-httpd-php .html
</Files>

Kode ini membuat PHP hanya dijalankan pada halamansaya.html, tidak pada semua file HTML lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan:

  • Jika Anda telah memiliki file .htaccess, ingat, jangan menimpanya dengan kode di atas, tapi tambahkan ke dalamnya, atau semua setelan web Anda lainnya, tidak akan berfungsi. Selalu hati-hati setiap kali mengedit file .htacces karena fungsinya sangat vital bagi web Anda. Jika perlu, minta bantuan pihak penyedia hosting, jika Anda ragu melakukannya.
  • Setelah menambahkan kode diatas, setiap apapun di dalam file .html Anda yang diawali dengan <? sekarang akan dijalankan sebagai PHP. Karena itu, telah ada kode <? di dalamnya (tag XML misalnya), maka Anda perlu mencetaknya dengan echo pada baris kode tersebut.Contohnya:
    <?php echo '<?xml version="1.0" encoding="IUTF-8"?>'; ?>

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here