Pengertian Current Source dan Current Mirror

Current source

Current source (sumber arus) adalah suatu rangkaian listrik yang dapat menghasilkan arus listrik. Current source dibagi menjadi 2 macam yaitu dependent current source dan  independent current source. Dependent current source adalah sumber arus yang besar arusnya dapat berubah-ubah sesuai dengan tegangan dan arus lain yang terdapat dalam satu rangkaian. Sedangkan independent current source adalah sumber arus listrik yang besar arus keluaranya selalu konstan meskipun terdapat sumber arus atau tegangan lain dalam satu rangkaian.

Current Mirror

Current Mirror adalah rangkaian yang didesain sedemikian sehingga rangkaian tersebut dapat menghasilkan keluaran arus yang sama dengan rangkaian arus aktif yang lain.

Berikut adalah rangkaian current source dan current mirror:

Pengertian Current Source dan Current MirrorArus keluaran pada current mirror merupakan salinan dari I ref. dan arus keluaran berasal dari arus collector pada Q2. Transistor Q2 harus selalu dalam keadaan aktif untuk menjaga tegangan collector tetap lebih tinggi daripada tegangan basis. Dalam rangkaian current source, arus referensi I ref ditentukan oleh besarnya resistansi R yang terhubung dengan kutub posistif power supplay VCC. Adapun perhitungan adalah sebagai berikut:

✔ Populer :  Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Pengertian Current Source dan Current MirrorDari persamaan diatas dapat kita asumsikan bahwa :

  • kedua transistor harus benar-benar cocok
  • beta yang terbatas dan efek permulaan dapat diabaikan

sehingga arus keluaran pada current mirror pada kasus ini akan sama dengan arus referensi, I output = I ref.

Kedua rangkaian elektronika di atas banyak diaplikasikan dalam pembuatan komponen Op-Amp (Operasional Amplifier), misalkan saja Op-Amp seri 741.

Pengertian Current Source dan Current Mirror

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Current Source dan Current Mirror, semoga bermanfaat dan dibawah ini Saya sertakan referensi untuk teman-teman yang ingin tahu lebih mendalam mengenai materi ini. sekian, Salam Engineer.

Referensi : www.en. wikipedia.org/wiki/Current_source ; www.en. wikipedia.org/wiki/Current_mirror ; EE 525 – Electronic Circuits II Laboratory – current mirror.

BAGIKAN
Seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. kontak hubungi mohnurfauzan18@gmail.com

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.