Cegah 4 Penyakit ini Saat Menyerang di Musim Hujan, Tau Caranya?

Erudisi.com – Di musim hujan seperti sekarang ini, sering terjadi mendung yang berdampak pada langkanya sinar matahari. Akibatnya, Kuman dan Virus dapat berkembang lebih cepat, bahkan Berevolusi yang dapat menimbulkan penyakit-penyakit tertentu.

Agar terhindar dari hal tersebut, ada baiknya Anda membaca tips-tips dari kami di bawah ini.

Daftar Penyakit Yang Sering Menyerang di Musim Penghujan

1. Penyakit Diare dan Tifus

Penyakit Diare dan Tifus senantiasa mengintai dan siap menyerang di musim hujan, alasannya karena curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan keruhnya sumur atau sumber air.

Di tambah lagi dengan pengolahan air yang kurang bersih sehingga kuman penyebab penyakit dapat berkembang biak.

Cara mengatasinya adalah dengan merebus terlebih dahulu air yang akan Anda minum atau Anda gunakan untuk memasak. Karena dengan merebus pada suhu tertentu, dapat membunuh kuman dan virus yang terdapat pada air tersebut.

2. Flu dan Batuk

Di musim hujan yang seperti ini, sangat identik dengan banjir dan tempat-tempat yang lembab. Hal itulah yang menyebabkan kuman dan virus berkembang pesat.

✔ Populer :  Apa Perbedaan antara Vaksin dan Serum?

Di tambah lagi dengan suhu yang dingin juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Hingga tubuh mudah terserang Penyakit Flu. Adapun oenyakit Flu banyak macamnya, seperti Batuk, Demam, Pilek, batuk dan juga Pusing.

Cara mengatasinya adalah dengan menghindari Hujan-Hujanan, membersihkan tempat-tempat yang lembab dan juga mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, seperti Jeruk, Yoghurt, dan Jahe.

3. Penyakit Kulit

Penyakit yang harus di waspadai ketiga adalah penyakit kulit. Adapun penyebab dari penyakit kulit sendiri adalah :

● Kurang Menjaga Kebersihan sehingga kuman dapat berkembang
● Sering berada di tempat yang lembab
● Tertular oleh penderita lain

Catatan : Menularnya penyakit kulit bisa melalui baju, air, handuk, sabun, dan bersentuhan langsung. Adapun berbicara pada penderita tidak akan membuat kita tertular.

Cara menghindari penyakit kulit adalah dengan menjaga kebersihan lebih dari biasanya. Jangan menggunakan sabun, air, pakaian yang sama dengan sang penderita.

Jangan juga bersentuhan langsung dengan penderita penyakit kulit, dan jangan terlalu sering berada di tempat yang lembab, terlebih untuk Anda yang mempunyai kulit sensitif.

✔ Populer :  Bahaya Vaksin Palsu bagi Tubuh

4. Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang mematikan. Sudah banyak korban jiwa berjatuhan akibat penyakit tesrsebut. Penyakit ini biasanya menyerang di musim penghujan di karenakan banyak genangan air pada sat itu, sehingga jentik dari nyamuk Aedes aegypti ( nyamuk penyebab demam berdarah ) berkembang biak dengan cepat.

Untuk menghindari penyakit yang satu ini, Anda harus melakukan 3M. Yaitu Menguras bak mandi seminggu sekali, Menutup genangan air, Mengubur barang-barang bekas. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari lenyakit Demam Berdarah.

Itulah beberapa penyakit yang paling sering menyerang di musim. Semoga kita semua selalu di berikan kesehatan dan terhindar dari segala penyakit. Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan dan juga bermanfaat bagi kita semua.

BAGIKAN