Penyebab Gambar atau Foto Tidak Muncul Pada Aplikasi BBM (Blackberry Messenger)

Sebenarnya penyebab umum tidak munculnya foto atau gambar di bbm (Blackberry Messenger) adalah tidak stabilnya sebuah jaringan, ini juga penyebab pesan bbm kamu mengalami pending,

Erudisi

Sebenarnya penyebab umum tidak munculnya atau di (Blackberry Messenger) adalah tidak stabilnya sebuah jaringan, ini juga penyebab pesan bbm kamu mengalami pending, checklist, dll.
Masalah diatas bisa terjadi pada jaringan Gsm atau Wifi dan juga bisa disebabkan aplikasi bbm tersebut sudah usang atau versi lama.

Untuk menanganinya coba gunakan hal-hal berikut :

Restart Ponsel
Restart atau hidupkan ulang ponsel kamu (mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali)
Jika sudah direstart tunggu sampai jaringan terhubung kembali dan aplikasi bbm sudah berjalan. Cek kembali apakah gambar pada kontak sudah terlihat ? Jika belum, lanjut ketahap selanjutnya.

Uji Kestabilan Jaringan
Untuk mencoba kestabilan jaringan bisa gunakan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Youtube dll.
Jika pada media sosial tersebut pada saat digunakan ternyata lambat, bisa diartikan jaringan data ponsel kita sedang bermasalah, jika bermasalah maka sangat wajar jika bbm pun ikut terlihat tidak berjalan normal.
Mari kita cek terlebih dahulu apa model ponsel kita tersebut, apakah sudah mendukung layanan data 3G atau 2G ? Jika belum medukung layanan 3G biasanya hanya mendukung layanan data 2G atau dibawah nya.
Namun bila ponsel kamu hanya mendukung layanan data 2G, solusi nya adalah memilih penyedia layanan yang tepat.
Disetiap daerah kemungkinan besar berbeda tentang kekuatan dan kestabilan sebuah jaringan.
Misal didaerah 1 adalah jenis jaringan perusahaan A yang stabil dan didaerah 2 adalah jenis jaringan perusahaan B yang stabil. Maka untuk daerah 1 lebih efektif menggunakan jaringan perusahaan A, bukan sebaliknya. Disini kita hanya mengambil sisi kestabilannya saja, tidak bermaksud membanding-bandingkan satu sama lain.
Jika bingung maka kamu bisa tanyakan ke rekan kamu yang menggunakan tipe ponsel yang sama dan jaringan jenis atau model yang seperti apa yang mereka gunakan.

Cek Mode Jaringan
Jika ponsel kamu sudah mendukung 3G coba cek jaringan tersebut masih mode 2G atau 3G.
Bila masih 2G coba alihkan ke jaringan 3G.
Saat ini jaringan Gsm yang umum bisa stabil adalah layanan 3G, namun sayang pada daerah tertentu layanan 3G ini belum bisa dinikmati dan hanya mengandalkan jaringan mode 2G.
Meskipun disuatu daerah hanya ada jaringan 2G tetapi stabil, itu pun sudah cukup nyaman untuk sekedar menjalankan aplikasi bbm ini.
namun jika kamu sering mengirim file pada aplikasi bbm maka pada mode 2G akan terasa lambat saat proses pengiriman file tersebut, berbeda pada saat kita menggunakan mode 3G.
Untuk mode 4G yang tercipta belum lama ini mungkin tidak banyak menimbulkan masalah, karena 4G adalah mode peringkat teratas pada saat ini, yang kedua adalah mode 3G.

Gunakan Wifi
Bagi yang belum berhasil, bisa coba cari Free Wifi (biasanya di tempat keramaian seperti Mall,Rumah Sakit,Cafe dll )
Pada umumnya jaringan Wifi bisa dibilang sangat stabil, namun jika pada saat gangguan maka sama saja dengan jaringan lainnya, tetapi untuk jaringan Wifi ini sangat jarang terjadi masalah.
Namun untuk tipe ponsel Blackberry jenis lama masih belum mendukung bbm tersebut berjalan dijaringan Wifi. Untuk tipe ponsel Blackberry keluaran terbaru sudah banyak yang mendukung aplikasi bbm tersebut berjalan di jaringan Wifi dan jaringan Gsm.
Khusus untuk ponsel jenis Android aplikasi bbm tersebut sudah mendukung berjalan semua jaringan data termasuk jaringan Wifi.

Memperbaharui Program atau Aplikasi
Jika cara diatas tidak juga berhasil, coba upgrade (meningkatkan versi ke yang lebih tinggi dari versi sekarang ) ke bbm versi terbaru di Google Play Store untuk ponsel jenis Android dan BlackberryWorld untuk ponsel jenis Blackberry.

Periksa Perangkat Lunak (Software)
Nah, jika hal diatas sudah dilakukan semua namun belum membuahkan hasil, maka jalan satu satu nya adalah memperbaharui Sistem Operasi (Software) ponsel kamu dengan memflashingnya di Gerai terdekat.
Karena jika sebuah aplikasi sudah mulai tidak berjalan normal, bisa jadi bukan aplikasi dan jaringannya yang bermasalah namun bisa juga karena sistem pada ponsel kamu sudah rusak.

Periksa Perangkat Keras (Hardware)
Jika sudah diperbaharui sistem ponsel kamu namun masalah tersebut masih timbul, maka bisa dipastikan bahwa Perangkat Keras (Hardware) kamu bermasalah. Jangan ragu untuk memeriksa perangkat keras kamu kepada yang lebih ahli agar kerusakan tidak bertambah parah.

Nah, itu beberapa tips agar bbm kamu bisa normal kembali.
Sebenarnya sangat banyak masalah peyebab bbm kamu bermasalah dan beberapa diantaranya apa yang sudah disebutkan diatas.
Terkadang yang jadi masalah besar terutama adalah jaringan, aplikasi bbm ini sangat menutut jaringan yang dimana jaringan tersebut diharuskan stabil, tidak perlu kecepatan internet yang besar dengan kecepatan internet 512 kbps (Kilo Byte Per Second) saja sudah cukup asalkan jaringan tersebut stabil.

Untuk ponsel berbasis Blackberry type lama yang belum mengusung teknologi mode 3G dan hanya mengandalkan mode 2G atau dibawahnya usahakan agar menggunakan operator jaringan yang tepat dan benar benar stabil agar konektifitas data dari aplikasi bbm tersebut mampu bekerja seperti yang diharapkan.

Dan untuk pengguna ponsel Android bisa lihat videonya dibawah ini.
Didalam video tersebut hanya mencontohkan secara singkat tanpa mematikan dan menghidupkan ulang ponsel, namun hanya memberhentikan aplikasi tersebut dan menjalankannya kembali.

https://www.youtube.com/watch?v=U0K-hY3k5PI

Tags

Related Post