Penyebab Gatal Bentol Merah dan Cara Mengobatinya

Gatal bentol merah pada kulit memang sangat mengganggu, apalagi jika gatal tersebut berada pada daerah yang sulit di jangkau oleh tangan hal itu dapat membuat kita merasa jengkel. Tetapi jika gatal itu berada di kulit yang tidak terhalang oleh pakaian malah kita semakin kesal karena jika gatal bentol merah itu terlihat oleh orang lain maka kepercayaan diri kita akan hilang dalam sekejap.

Penyakit Gatal Bentol Merah Pada Kulit Bisa di Akibatkan Beberapa Faktor Yang di Antaranya:

Gatal bentol merah yang di sebabkan alergi

Penyeban gatal bentol merah dan cara mengobatinya

Gatal bentol merah karena alergi jika gatal bentol merah tersebut di sebabkan karena rangsangan mediator kimia histamin yang di akibatkan oleh peradangan. Kenapa peradangan ini bisa terjadi.? Itu bisa terjadi karena adanya faktor penyebab yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah atau dilatasi dan akhirnya kulit akan membengkak atau membentol berwarna merah. Gatal bentol merah yang di sebabkan oleh alergi seperti ini sering kita sebut juga dengan nama kaligata. Kaligata atau istilah medisnya adalah Urtikaria. Yang menyebabkan Urtikaria seperti ini biasanya dikarenakan dua faktor yaitu mekanisme imun dan mekanisme non imun.

Mekanisme imun adalah faktor penyebab Urtikaria karena alergi makanan, atau alergi yang di sebabkan oleh benda. Sedangkan mekanisme non imun adalah karena panas, dingin, cahaya, getaran dll. Satu satunya cara mengobati gatal bentol merah yang di sebabkan oleh alergi seperti ini adalah dengan menghindari faktor penyebabnya kadang urtikaria seperti ini akan sembuh dengan sendirinya, jika anda merasa tidak tahan karena gatal yang di timbulkan anda bisa mengkonsumsi CTM untuk meredakan gatal yang di akibatkan oleh Urtikaria.

Gatal bentol merah yang di sebabkan oleh bakteri

Penyeban gatal bentol merah dan cara mengobatinya
✔ Populer :  3 Cara Memutihkan Kulit secara Alami untuk Wanita

Jika kulit anda gatal bentol merah namun anda tidak pernah mempunyai alergi yang dapat menimbulkan gatal, itu bisa diakibatkan oleh bakteri. Gatal yang disebabkan oleh bakteri bisa terjadi pada siapa saja apalagi jika anda adalah orang yang suka beraktifitas di luar dan yang suka mengeluarkan keringat berlebih. Bakteri bisa menghinggapi kulit kita karena terbawa oleh angin, kotoran atau debu, dan keringat. Untuk cara pencegahannya sendiri saya sarankan agar anda sering membersihkan kulit dengan mandi minimal dua kali dalam sehari. Menjaga kebersihan kulit menjadi faktor utama jika anda tidak ingin merasakan gatal yang sangat menjengkelkan ini .

Namun jika kulit anda sudah terlanjur gatal bentol merah berikut adalah cara mengobatinya. Siapkan satu siung bawang putih, belah menjadi dua bagian lalu gosokan bagian dalam bawang putih tersebut ke kulit yang terkena gatal bentol merah. Diamkan sepuluh sampai lima belas menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara alami ini banyak di gunakan oleh orang pada jaman dulu untuk mengobati penyakit kulit dan hasilnya sudah terbukti.

✔ Populer :  Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Aman

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mengakibatkan gatal bentol merah pada kulit anda, biasakan untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan seluruh tubuh karena sebenarnya seluruh penyakit kulit itu bisa di cegah dengan cara menjaga kebersihan kulit. Usahakan jika anda mengalami gatal bentol merah seperti yang di akibatkan di atas jangan pernah menggaruknya apalagi dengan kondisi tangan yang tidak bersih itu dapat mengakibatkan radang pada kulit. Anda cukup mengusapnya saja itu pun usahakan sebelum mengusapnya tangan anda sudah di bersihkan.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.