Pertanyaan Umum Seputar NISN 2015

Setelah lahirnya dapodik versi terbaru, para pejuang data operator sekolah mulai sibuk dengan aktivitas seperti dulu. Input siswa-siswi baru merupakan pekerjaan panjang dalam awal tahun pelajaran ini. Setelah semuanya beres, dan berhasil sinkron, pekerjaan ops tidak berhenti sampai disini. Masih ada langkah selanjutnya agar ops bekerja secara sempurna dalam pengelolaan data. Ya, Verval PD! itulah pekerjaan ops selanjutnya, namun banyak kawan-kawan ops yang masih bingung akan hal ini, Khusunya untuk pertanyaan seputar NISN 2015.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kawan-kawan ops menyempatkan membaca beberapa pertanyaan dan jawaban seputar NISN 2015berikut :

1. Peserta didik belum memiliki NISN?

JAWABAN: Pada saat entri data dapodik kosongkan isian NISN, kemudian sinkronisasi. pastikan data sudah update di dapodik yang menandakan bahwa sinkronisasi berhasil. selisih sehari maksimal 2 hari silakan cek pada vervalpd.data kemudian cek siswa pada data residu, silakan melakukan pengecekan dengan pencarian sebanyak 5x maksimal. jika dalam pencarian tidak ada maka silakan klik unmatch maka data akan masuk ke tab referensi.

 

2. Peserta didik sudah memiliki NISN tetapi tidak ada di NISN DATA BASE ?

Jawaban: Misal NISN yang dimiliki 1111 dan tercatat dalam dokumen resmi ( ijasah SMP) , namun NISN tersebut tidak tercatat di NISN DATA BASE.

  1. Silahkan entry NISN 1111 pada aplikasi dapodik, lengkapi nama, tempat tanggal lahir, nama ibu, registrasi peserta didik dan tempatkan dalam rombel, kemudian sinkronisasi. Pastikan data sudah update di dapodik yang menandakan bahwa sinkronisasi berhasil.
  2. Selisih sehari maksimal 2 hari silakan cek pada vervalpd.data kemudian cek data peserta didik apakah berada di tab referensi atau residu, apabila berada di tab residu silakan melakukan pengecekan dengan pencarian sebanyak 5x (setelah 5 kali pencarian tombol match / unmatch akan di enable). Jika saat melakukan pencarian ditemukan kemiripan data maka silakan pilih match tetapi jika tidak menemukan maka silakan klik unmatch maka akan data akan masuk ke referensi dan akan dibuatkan NISN baru misal NISN yang baru adalah 3333.
  3. NISN yang baru (3333)  berbeda dengan NISN yang sudah dimiliki sebelumnya (1111) sedangkan disatu sisi ijasah SMP menuliskan 1111, maka untuk mengganti NISN yang diberikan sistem (3333) agar berubah menjadi NISN sesuai ijasah (1111) maka lakukan proses pengajuan NISN pada menu edit data. Lampirkan scan ijasah sebagai dokumen resmi, kartu NISN SMP tidak diterima. Kemudian tunggu sampai pengajuan disetujui, apabila disetujui maka data NISN di referensi akan berubah.
  4. Lakukan konfirmasi data, konfirmasi data penting dilakukan karena dengan melakukan konfirmasi data maka akan dilakukan perubahan pada data arsip NISN, data dapodikmen dan data Un.data.

3. Bagaimana jika ada peserta didik yang memiliki perbedaan nama saat melakukan vervalpd ?

Jawaban : Data yang berbeda pada Nama, tempat tanggal lahir, ataupun nama ibu akan terjadi pada data referensi dan data residu.

  1. Jika kesalahan terjadi pada data referensi maka pilih data siswa tersebut dan lakukan unmatch, maka data akan berpindah ke residu dan perlu perbaikan, perbaikan dilakukan melalui dapodik, karena vervalpd tidak  memiliki fasilitas edit
  2. Jika kesalahan terjadi pada residu maka lakukan perubahan pada dapodik kemudian lakukan sinkronisasi dan tunggu sampai data di vervalpd berubah. Selanjutnya lakukan proses verval peserta didik

 

4. Peserta didik sudah punya NISN tetapi ada 2 NISN pada nisn.data dengan nama yang sama ?

Jawaban : Silakan pilih salah satu NISN kemudian entry di dapodikmen, sinkronisasi. Pastikan berhasil sinkronisasi dengan mengecek di dapo.dikmen, kemudian lakukan vervalpd.

Semoga bermanfaat.

SALAM SATU DATA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here