Smartphone Pertama di Dunia

Sekarang adalah era dimana lagi nge-trennya smartphone yang melanda dunia. Banyak brand smartphone yang mengeluarkan produk-produk yang semakin canggih sehingga membuat konsumen mau mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membeli smartphone. Tapi pernahkah terpikirkan oleh Anda seperti apakah smartphone pertama di dunia?

Pagi baru bangun tidur yang pertama di cari adalah smartphone, mau makan dan selesai makan update status pake smartphone, mau keluar rumah foto-foto dulu pake smartphone, pokoknya tiada hari tanpa smartphone. Namun apakah Anda tau produk smartphone apa yang pertama kali di produksi? Seperti apa modelnya smartphone pertama tersebut?

Smartphone pertama bernama IBM Simon. Smartphone tersebut merupakan smartphone pertama di dunia yang pernah diciptakan. Diresmikan pada tanggal 23 November 1992 ketika EXPO COMDEX COMPUTER di Las Vegas (AS), tidak ada yang menyangka bahwa produk iti akan merubah seisi dunia tentang pengetahuan dan ponsel masa kini.

Di masa kejayaannya, smartphone pertama ini hanya memiliki fitur-fitur yang kita anggap simpel untuk ukuran smartphone masa kini, seperti kalender, fax modem, buku telepon, kalkulator, notepad, email, dan permainan sederhana. Smartphone ini memiliki layar touch-screen monokromatik dengan resolusi 160×293 pixels. Dibandingkan smartphone saat ini, smartphone Simon benar-benar tidak ada apa-apanya. Tetapi di masa kejayaannya, smartphone ini sangat berharga bahkan senilai Iphone S5 untuk saat ini.

Smartphone Simon juga berhasil menjadi alat ukur bagi dunia komunikasi dan teknologi. Hingga saat ini dalam bidang smartphone, telah terjadi perkembangan yang sangat pesat. Pada saat kemunculan pertamanya, smartphone Simon dibanderol dengan harga $899 atau lebih dari 9 juta. Meskipun dimasa lalu penjualannya tidak terlalu laku, smartphone ini menjadi motivator para perusahaan untuk mengembangkan smartphone lebih canggih lagi. Sekarang sudah banyak sekali perusahaan yang memproduksi smartphone dengan kelebihan masing-masing.