5 Area Terpopuler yang wajib Anda Kunjungi di Wisata Gunung Bromo

Siapa yang tak tahu dengan gunung bromo, Destinasi wisata satu ini masih menjadi primadona bagi pendaki gunung maupun traveler biasa sampai saat ini. Sedikit informasi bahwa bromo mempunyai Ketinggian kurang lebih 2.329 M dari dasar laut dan hal tersebut memang menjadi keunikan tersendiri di wisata jawa timur.

Sejarah Gunung Bromo

Dulunya gunung ini mempunyai nama asli yaitu “ Brahma ” lalu menjadi “ Bromo ” yang sekarang kita tahu.

Destinasi ini sampai sekarang masih tetap dianggap suci yaitu dengan diadakannya upacara  ” Yadnya Kasada ” setiap satu tahun sekali di antara tanggal 14 -15 disetiap bulan kasodo menurut penanggalan suku jawa.

Bagi Anda yang belum tahu gunung bromo dimana, lokasinya yaitu berada di jawa timur dan tepat diantara beberapa kabupaten yang diantaranya adalah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Arah Menuju ke Lokasi Gunung Bromo ⇒ [ Peta ]

1. Dari Kabupaten Pasuruan

Anda akan mulai perjalanan dari daerah Wonorejo menuju daerah Warungdowo dan akan melewati daerah Tosari lalu dilanjutkan menuju daerah Wonokitri dan barulah Anda menuju destinasi pasir berbisik.

Hanya ada 2 cara untuk sampai ke pasir berbisik yaitu dengan menyewa mobil Jeep dari pihak pengelola atau dengan cara berjalan kaki beramai ramai. Untuk diketahui bahwa jalan yang akan kita lewati sangat berbahaya yaitu tanjakan yang curam.

2. Dari Kabupaten Probolinggo

Memulai perjalanan dari daerah Tongas dilanjutkan ke daerah Lumbang dan akan melewati daerah Sukapura serta daerah Ngadisari dan melewati desa Cemoro Lawang, barulah kita bisa sampai pada destinasi pasir berbisik.

Jika anda saat ini sedang didaerah Ketapang, Anda bisa melanjutkan perjalan menuju daerah Patalan lalu dilanjutkan menuju daerah Sukapura, Ngadisari dan desa Cemoro Lawang. Dari desa Cemoro Lawang menuju lokasi, kita bisa menggunakan kendaraan untuk melakukan perjalanan.

3. Dari Kabupaten Malang

Memulai dari daerah Tumpang menuju daerah Pronojiwo dan sebelum Anda sampai pada pertigaan Jempang kita akan melewati Cagar Alam yang mempesona. Dari pertigaan Jemplang Anda harus mengambil arah Utara untuk bisa sampai ke pasir berbisik.

Jalan yang kita lalui memang lebih cocok untuk berjalan kaki karena jika Anda membawa kendaraan roda dua maka sangat dibutuhkan perhitungan yang matang mengingat jalur yang akan kita lewati sangat jarang sekali penduduk lokal disana.

4. Dari Kabupaten Lumajang

Dimulai dari ibu kota Lumajang Anda akan menuju ke daerah Senduro, dari kota senduro Selanjutnya Anda menuju desa Ranu Pane dan melanjutkan perjalanan lagi menuju ke arah pertigaan Jempang.

Area Populer yang Ada di Gunung Bromo

1. Pasir Berbisik / Lautan Pasir

Hamparan pasir hitam yang luas ini tadinya tidak begitu populer namun setelah film berjudul ” pasir berbisik ” menggunakan area ini untuk salah satu tempat lokasi syutingnya, barulah lokasi ini mulai dilirik oleh banyak wisatawan.

2. Bukit Teletubies

Biasa juga disebut dengan ” Padang Syafanah ” bukit ini menawarkan pemandangan begitu mempesona. Mulai dari hamparan rumput yang luas sampai dengan perbukitan yang menghijau yang pasti akan memanjakan mata Anda. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini ya.

3. Penanjakan

Lokasi terbaik untuk melihat sang mentari pagi muncul salah satunya ada dilokasi ini, sehingga banyak wisatawan yang berbondong bondong menuju area ini sekitar pukul 03:00 dini hari.

Dengan datang lebih awal maka Anda tidak akan ketinggalan menyaksikan keindahan alam yang sangat sayang jika dilewatkan. Jangan lupa untuk membawa kamera ya. 😀

4. Kawah

Untuk Menuju area ini kita bisa menggunakan jasa penyewaan kuda karena jalur tidak bisa untuk dilewati kendaraan dan Anda nanti akan melewati banyak sekali anak tangga. Jika Anda ingin sekalian olahraga, bisa juga dilakukan dengan berjalan kaki secara beramai-ramai untuk sampai pada lokasi tersebut.

5. Kebun Stroberi

Jangan lupa untuk mendatangi area satu ini. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mencicipi buah stroberi yang masih segar, manis dan legit yang bisa Anda petik langsung dari pohonnya. Waduh 😀

Paket Penginapan di Gunung Bromo

Paket yang ditawarkan oleh penyedia penginapan biasanya sangat bervariatif, mulai dari harga sampai dengan kombinasi beberapa paket. Beberapa pilihan paket yang bisa Anda pilih antara lain :

• Paket Penginapan Sehari Semalam
• Paket Penginapan 2 Hari 1 Malam
• Paket Penginapan 3 Hari 2 Malam
• paket Penginapan 4 Mari 3 Malam

Info Biaya dan Tiket Masuk Gunung Bromo

• Wisatawan Lokal [ Rp27.500 di Hari Biasa ] – [ Rp32.500 di Hari Libur ]
• Wisatawan Asing [ Rp217.500 di Hari Biasa ] – [ Rp317.500 di Hari Libur ]
• Sewa Mobil Jeep Dimulai Dari Rp550.000 s/d Rp1.500.000 [ Tergantung Lokasi ]
• Catatan : Harga bisa berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips Camping ke Gunung Bromo

Sebelum berangkat menuju gunung bromo alangkah baiknya periksa kembali barang perlengkapan yang akan dibawa seperti jaket tebal, sarung tangan, jas hujan, kupluk (penutup kepala) serta kaus kaki. Khusus yang ingin menginap jangan lupa untuk selalu sediakan obat obatan dan suplemen secukupnya.

Ada beberapa tipe orang yang dimana kodisi fisiknya tidak begitu kuat untuk terkena suhu dingin. Ada yang terkena gejala flu dan sakit perut misalnya.

Disanalah obat dan suplemen berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda, mengingat cuaca disana yang cukup dingin sehingga jika yang tidak terbiasa akan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here