Tips Cara Mudah Atasi Masalah Gangguan Tidur

cewek tidur

Semua manusia butuh tidur untuk mengembalikan energi yang hilang, namun, masih ada beberapa orang sering mengabaikan atau menyepelekan waktu tidur. Banyak studi menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Resiko kehilangan sistem kekebalan tubuh dan obesitas hingga peningkatan risiko kanker.

Supaya dapat tidur dengan lelap cepat di malam hari, hindari tidur siang lebih dari satu jam. Ilmuwan merekomendasikan lama waktu tidur siang adalah 30 menit dan hindari tidur waktu sore untuk mencegah Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari atau insomnia.

Inilah beberapa tips cara untuk membantu meningkatkan kualitas tidur lebih cepat dan menghilangkan masalah gangguan tidur di malam hari:

1. Tidur tanpa cahaya lampu

Tidur di lingkungan gelap dapat membangkitkan hormon melatonin, yaitu salah satu hormon yang mengatur jam tidur-bangun kita. Selain itu, hormon tersebut memiliki banyak peran, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau membasmi infeksi kuman dan bakteri penyebab penyakit.

2. Tidak meletakkan TV dan laptop dalam kamar

Kamar adalah ruangan yang dikhususkan istirahat atau tidur, supaya tidur menjadi lebih baik, hindari pemicu gangguan tidur dengan menyingkirkan TV dari dalam kamar, termasuk perangkat laptop sehingga dapat mencegah keinginan Anda untuk mengoperasikan mereka.

Selain itu, cahaya TV dan laptop dapat membingungkan sistem kerja hormon melatonin karena mengira waktu malam adalah waktu siang. Hormon ini sangat aktif bila tubuh tidak terkena cahaya.

3. Tidak membaca dan main bermain ponsel di tempat tidur

Membaca dengan cahaya lampu di tempat tidur sama halnya dengan menghidupkan perangkat TV dan laptop, cahaya lampu dapat mengganggu hormon melatonin untuk mengirim sinyal ke otak untuk tidur.

Selain itu, menggunakan perangkat ponsel pintar ditempat tidur memiliki dampak buruk terhadap kesehatan mata dan otak, apalagi bila dioperasikan dalam keadaan mati lampu dapat membuat otak tetap waspada dan memicu kerusakan mata.

4. Hindari konsumsi makanan dan minuman mengandung kafein

Kafein adalah salah satu senyawa penting yang hanya berguna pada waktu siang untuk membantu otak dan fisik untuk tetap optimal.

Namun konsumsi kafein di malam hari, seperti kopi, dapat memicu tubuh dan otak untuk terus waspada. Jadi dengan menghindari konsumsi kafein di malam hari, bisa membantu terhindar dari masalah susah tidur.

5. Semprot minyak wangi

Menyemprot minyak wangi secukupnya dalam kamar, seperti chamomile, juniper, lavender, marjoram, mawar, dan kayu cendana memiliki efek menenangkan ketika dihirup dan juga membantu mengusir stres sebagai pemicu lain gangguan tidur.

6. Olahraga

Olahraga memiliki peran yang sama pentingnya dengan tidur yang cukup, yakni membantu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Olahraga lari sore dapat membantu tubuh meningkatkan metabolisme lebih baik dan memudahkan Anda terlelap lebih cepat.

Fakta kurang tidur dapat membuat Anda mudah mengantuk, menurunkan sistem kekebalan tubuh secara umum dan merusak konsentrasi serta mental. Itu lah pentingnya mendapatkan tidur berkualitas setiap harinya.

loading...
BAGIKAN