Sumber foto: IMDB

5 Anime Ghibli Terbaik Sepanjang Masa, Cocok untuk Teman Healing!

Erudisi.com – Salah satu rumah produksi paling populer dengan berbagai karya terbaiknya adalah Studio . Bahkan, dengan karya-karya terbaiknya, mereka sudah mendapatkan banyak penghargaan dari ajang bergengsi. Meskipun mereka sudah berkarya dari berpuluh-puluh tahun lamanya, -filmnya masih terus eksis hingga kini.

Studio Ghibli terkenal dengan film-film dengan nuansa menenangkan dan memanjakan mata para penontonnya. anime Ghibli cocok ditonton oleh segala umur tanpa batasan usia. Berikut lima anime Studio Ghibli yang harus kamu tonton setidaknya satu kali seumur hidup.

1. Spirited Away (2001)

: IMDB

Kalau kamu bertanya film garapan Studio Ghibli terbaik pada penggemar anime, mereka pasti akan menjawab Spirited Away yang tayang pada tahun 2001 lalu. Meskipun sudah tanya berpuluh tahun lalu, Spirited Away masih sangat layak ditonton di masa sekarang.

Spirited Away menceritakan pengalaman seorang anak perempuan bernama Chihiro yang tidak sengaja masuk ke dunia arwah. Chihiro memasuki dunia arwah bersama kedua orang tuanya. Sayangnya, ibu dan ayah Chihiro berubah menjadi babi karena mereka memakan makanan dari arwah-arwah tersebut.

Selain berjuang untuk keluar dari dunia tersebut, Chihiro juga harus menyelamatkan kedua orang tuanya agar tidak semakin gemuk dan akhirnya dilahap oleh para arwah dan monster. Ditengah ketakutannya, Chihiro bertemu dengan Haku – anak laki-laki paling dihormati di dunia arwah.

Haku berbeda dengan arwah lainnya, ia membantu Chihiro untuk dapat keluar dari dunia tersebut dan menyelematkan kedua orang tuanya. Pengalaman mereka berdua sangat menarik untuk dilihat dan kamu akan dimanjakan dengan animasi Ghibli yang indah.

Alur cerita Spirited Away juga tidak membosankan sama sekali, walaupun kamu perlu menghabiskan waktu dua jam untuk menyelesaikannya.

2. Howl's Moving Castle (2004)

Foto: IMDB

Salah satu film fantasi romansa milik Studio Ghibli terbaik, Howl's Moving Castle. Kalau kamu suka dengan romansa anak perempuan dan laki-laki yang manis, berarti anime satu ini harus kamu tonton.

Studio Ghibli membawa para penontonnya untuk menyaksikan bagaimana kisah cinta Shopie dan Howl sang penyihir. Shopie merupakan seorang gadis mudah pembuat topi yang dikutuk oleh penyihir jahat menjadi seorang nenek.

Shopie mendapatkan kutukan karena berurusan dengan Howl. Karena malu mendapatkan kutukan, Shopie pergi menjadi kastil bergerak Howl untuk menemuinya. Pertemuan Shopie dan Howl mengubah bagaimana kehidupan penyikir laki-laki tersebut.

Cinta Howl dan nenek Shopie sangat menenangkan dan latar lagu anim satu ini juga menyegarkan telinga. Berniat untuk marathon anime? Jangan lupakan Howl's Moving Castle!

3. The Wind Rise (2013)

Foto: IMDB

Hayao Miyazaki mengakhiri karirnya di Studio Ghibli dengan meluncurkan film The Wind Rise pada 2013 lalu. The Wind Rise berasal dari kisah nyata seorang insinyur yang bermimpi dapat menciptakan sebuah pesawat terbang dengan teknologi terbaik.

Sekilas anime ini mirip dengan cerita cinta Habibie Ainun dari Indonesia. Dalam film ini, cerita berfokus pada kisah cinta Jiro dan Naoko di tengah peperangan. Selama fokus berkarir, Jiro menantikan Naoko hadir kembali ke kehidupannya setelah mereka terakhir bertemu di masa peperangan.

Setelah bertemu, ternyata hidup Naoko tidak berlangsung lama. Walaupun sedih, anime ini menunjukkan bagaimana kisah cinta sejati antara kedua karakter utamanya.

4, Ponyo (2008)

Foto: IMDB

Kisah cinta seorang putri ikan dan anak laki-laki berumur lima tahun akan kamu saksikan di anime Ponyo. Selain menyajikan kisah cinta ikan dan manusia, suasana laut dari film ini bisa membuat perasaan penontonnya lebih tenang.

Jangan ragukan bagaimana Studio Ghibli menciptakan panorama alam yang indah lewat sebuah anime. Bahkan, itulah kekuatan dari anime-anime garapan Studio Ghibli. Ponyo akan memberikan pemandangan indah bawah laut dengan berbagai hewan dan tumbuhan.

Sosuke dan Ponyo harus membuktikan bagaimana cinta mereka agar keduanya bisa hidup bersama di dunia manusia. Kamu akan melihat bagaimana menggemaskannya cinta dua anak kecil tersebut.

5. When Marnie Was There (2014)

Foto: IMDB

When Marnie Was There merupakan salah satu anime terbaik Ghibli dengan alur cerita paling menarik. Alur disajikan secara runtun dan penonton akan diberi kejutan pada bagian akhir. Anime Ghibli ini menceritakan tentang bagaimana persahabatan Anna dan Marnie. Keduanya bertemu di pinggir rawa Hokkaido ketika Anna sedang menenangkan dirinya dari hingar bingar tempat tinggalnya di Sapporo.

Anna belum bisa menerima bahwa ternyata dia adalah anak angkat dan sifatnya berubah setelah mengetahui hal tersebut. Anna menjadi lebih tertutup dan ia kembali mendapatkan kegembiraan setelah bertemu dengan Marnie.

Namun, ternyata Anna dan Marnie sudah pernah bertemu jauh sebelum pertemuan mereka di rumah rawa. Dimanakah Anna dan Marnie pernah bertemu? Disitulah plot twist yang diberikan Ghibli pada penontonnya.

Itu dia kelima anime garapan Studio Ghibli terbaik dengan plot paling menarik. Buat kamu yang butuh hiburan di tengah penatnya hari-hari, nonton anime Ghibli bisa jadi salah satu pilihan terbaik!