5 Cara Ampuh & Efektif memutihkan Baju Anda Dirumah

Baju yang memiliki warna cerah seperti putih dan sejenisnya kalau sampai terkena noda, pastinya akan terlihat sangat jelas bukan? Adanya noda pada baju tentu akan membuat penampilan menjadi kurang percaya diri dan terlihat kurang nyaman dipandang. Sebagian besar orang pasti menggunakan pemutih baju untuk memutihkan baju.

Namun, taukah kamu bahwa penggunaan yang berlebihan dapat berakibat fatal? Terlalu sering menggunakan pemutih baju yang mengandung bahan kimia berbahaya akan membuat baju menjadi lebih cepat rusak. Oleh karena itulah, kini sudah ada beberapa alternatif lain untuk membuat baju menjadi putih kembali.

Inilah 5 bahan atlternatif untuk memutihkan baju

1. Menggunakan Lemon

Siapa sangka buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk membuat baju menjadi putih kembali. Cara penggunaan lemon sebagai bahan alami pemutih ini tidaklah sulit dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Kamu hanya perlu membeli beberapa buah lemon segar yang memiliki banyak air.

Cuci bersih terlebih dahulu lemon tadi, kemudian kupas dan potong menjadi beberapa bagian. Siapkan wadah kecil, masukkan potongan lemon tadi dan tuangkan air panas ke dalamnya. Campur sampai merata dan tuangkan ke wadah rendaman baju kotor atau baju yang ternoda secara perlahan. Mulailah mencampurkannya dengan air rendaman sebelumnya dan biarkan selama 1-2 jam sampai noda tersebut menghilang dengan sendirinya.

2. Menggunakan Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau lebih dikenal sebagai pace merupakan buah yang memiliki aroma kurang mengenakkan bagi sebagian besar orang. Namun, buah satu ini tidak hanya bermanfaat pada bidang kesehatan saja. Faktanya buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan dalam urusan membuat baju putih kembali.

Cara menggunakannya juga mudah, kamu tinggal mencuci buah mengkudu dan hancurkan sampai halus. Siapkan wadah berisi air, kemudian tuangkan buah mengkudu yang sudah dihaluskan tadi. Campurkan terlebih dahulu dan masukkan baju bernoda tadi, rendam sekitar 30 menit. Bilaslah dengan detergen dan berilah pewangi agar tidak terlalu bau setelah direndam tadi.

3. Menggunakan Cuka Putih

Bahan dapur satu ternyata bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan baju secara alami dan aman lho. Ya, cuka putih bisa digunakan untuk menghilangkan noda dengan efektif. Cara penggunaannya juga mudah, kamu tinggal mencampurkan sekitar 250 ml cuka putih ke dalam air yang akan digunakan untuk mencuci baju tersebut.

Tambahkanlah detergent atau sejenisnya dan campurkan terlebih dahulu. Masukkan seluruh pakaian yang terkena noda dan rendamlah sekitar 30 menit atau secukupnya sampai noda menghilang, bilaslah hingga bersih. Penggunaan cuka putih ini juga dapat membuat serat pakaian menjadi lebih lembut.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking soda memang umumnya digunakan dalam pembuatan makanan seperti donat dan sejenisnya. Namun bahan makanan satu ini bisa juga dimanfaatkan dalam urusan memutihkan baju kusam ataupun bernoda. Selain menghilangkan noda, baking soda juga dapat membantu dalam mempertahankan warna pada baju putih.

Adapun cara menggunakannya adalah siapkan wadah berukuran sedang, tuangkan baking soda sebanyak 2-3 sendok dan berilah air bersih sekitar 4 liter. Rendamlah baju yang ingin diputihkan kembali sekitar 30 menit atau sampai noda menghilang. Bilas dan cucilah seperti pada umumnya untuk menghilangkan baking soda yang masih tersisa.

5. Menggunakan Sitrun

Sitrun yang juga dikenal sebagai asam sitrat merupakan senyawa organik yang biasanya ditemukan pada tumbuhan genus Citrus. Bahan ini bisa kamu dapatkan secara mudah dan harganya terjangkau di toko ataupun warung di sekitar tempat tinggal. Karena dari bahan organik alami, bahan satu ini bisa digunakan dalam hal membersihkan baju ternoda ataupun kusam menjadi putih kembali.

Cara penggunaannya adalah rebuslah terlebih dahulu air sekitar 3 liter sampai hangat. Pindahkan ke wadah untuk merendam dan campurkan sitrun secukupnya sekitar 1-2 sendok tergantung jumlah baju dan airnya. Rendam pakaian yang ingin diputihkan dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Cek terlebih dahulu apakah noda sudah menghilang atau masih menempel.

Jika ditemukan noda masih menempel, cobalah untuk menyikat atau kucek pada bagian yang masih terdapat noda tersebut. Setelah benar-benar menghilang, pindahkan ke wadah lain dan lakukan pencucian seperti biasa.

Penutup

Penggunaan pemutih yang berbahan kimia memang dapat menyingkat waktu dalam urusan membersihkan noda membandel. Namun, jika terlalu sering juga tidak baik dan alternatif memutihkan baju secara alami di atas bisa menjadi salah satu solusinya.