9 Aktivitas Rutin Mengelola Blog WordPress untuk Menjaganya Selalu Oke

Ada banyak hal yang perlu dilakukan seorang blogger WordPress untuk mengelola blognya agar tetap tampil fresh, dan bekerja dengan maksimal.

Jika Anda melewatkan aktivitas ini, maka kemungkinan besar mengakibatkan pengalaman pengguna jadi memburuk, yang ujung-ujungnya bisa menurunkan trafik blog.

Berikut adalah 9 aktivitas rutin yang perlu guna memastikan blog Anda bekerja dengan performa optimal. Jika selama ini Anda kurang perhatian terhadap masalah ini, maka 9 daftar di bawah bisa menjadi prioritas utama.

Namun, perlu diingat, jika Anda menggunakan WordPress.com, sebagian besar dari hal-hal di bawah sudah dilakukan oleh pihak WordPress. Sebaliknya, jika Anda menggunakan WordPress.org dengan hosting sendiri, maka semuanya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

1. Update WordPress ke versi terbaru

Jika Anda melihat pemberitahuan di dasbor WordPress bahwa telah tersedia pembaruan versi terbaru, klik tombol update untuk menerapkan pembaruan. Versi WordPress teranyar selalu memiliki fitur-fitur terkini, termasuk sisi keamanan, dan akan menutup lubang atau kekurangan yang ada pada versi sebelumnya.

Jangan lupakan upgrade, karena melalaikan hal ini, bisa berakibat fatal bagi blog Anda.

2. Backup blog WordPress Anda

Ada banyak plugin tersedia untuk keperluan ini, baik yang berbayar maupun gratisan. Jika blog Anda begitu penting, pertimbangkan untuk memiliki layanan backup dengan mengeluarkan biaya bulanan yang tidak terlalu besar, VaultPress misalnya. Atau jika Anda lebih suka yang gratis, WP-DB Manager adalah pilihan yang bagus.

Terkait dengan masalah backup ini, pastikan pula layanan hosting yang Anda pilih menawarkan fitur backup penuh, sehingga sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada blog Anda, Anda bisa mengandalkan mereka. Salah satunya, adalah [eafl id=894 name=”DewaWeb Hosting” text=”DewaWeb”] yang menyediakan backup penuh blog Anda, 5 kali dalam sehari.

3. Update plugin WordPress

Jika Anda temukan ada pembaruan tersedia pada plugin yang Anda gunakan, pastikan untuk melakukan pembaruan. Sama seperti halnya, upgrade WordPress, update plugin juga amat lah penting untuk memastikan Anda menggunakan plugin yang lebih stabil.

Tips: Hapus juga plugin yang tidak Anda gunakan.

4. Menghapus komentar spam

Komentar yang telah ditandai sebagai spam, akan menumpuk dan bertambah banyak dari waktu-waktu, maka Anda harus rutin menghapusnya agar blog Anda tetap berjalan mulus. Masuklah ke menu komentar, lalu klik pada kolom spam, Anda bisa menghapus semua komentar spam, hanya dengan sekali klik.

Untungnya, ada banyak plugin yang dapat membantu Anda menangani komentar spam ini, salah satu yang paling banyak digunakan adalah Akismet yang secara default sudah ada pada WordPress.

5. Perbaiki link rusak (broken link)

Broken link bisa memperburuk pengalaman pengunjung blog Anda, karena itu harus segera diperbaiki segera begitu Anda menemukannya. Ada banyak plugin yang berguna memeriksa link rusak ini, juga ada beberapa layanan web online untuk memeriksa link pada blog Anda, salah satunya adalah: W3 Link Checker.

6. Cek RSS Feed blog

Apakah RSS Feed blog Anda masih bekerja dengan semestinya? Saat orang berlangganan melalui RSS Feed, apakah mereka menerima pemberitahuan update terbaru ke email mereka? Juga apakah emailnya tampil dengan baik?

Hal-hal tersebut perlu Anda periksa secara rutin. Cara terbaik, coba masukkan email Anda sendiri untuk berlangganan, sehingga ketika Anda merasa memperbarui konten dan ada yang tidak beres, maka Anda akan segera mengetahuinya.

Jika Anda menggunakan FeedBurner, biasakan untuk memeriksa dan login ke akun FeedBurner Anda secara rutin.

7. Cek Media Sosial

Jika Anda menggunakan fitur posting otomatis ke sosial media, periksa secara rutin apakah tetap bekerja dengan baik atau tidak. Dan segera lakukan perbaikan jika ada masalah.

8. Periksa formulir kontak dan formulir lainnya

Bila Anda memiliki formulir kontak di blog (dan ini merupakan hal yang sangat baik dan dianjurkan), pastikan formulir tersebut dapat mengantarkan pesan dari pembaca ke Anda dengan baik.

9. Bersih-bersih pengguna dan kontrol akses mereka

Bila Anda memberikan akses blog ke pihak lain, atau Anda membangun blog tim, Anda mesti rutin memeriksa daftar pengguna blog Anda. Edit kontrol akses pengguna, dan hapus beberapa jika diperlukan.

Nah, itu 9 hal yang seyogyanya menjadi aktivitas rutin untuk memastikan blog Anda terus bekerja dan berperforma seperti seharusnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here