9 Istilah Dalam Dunia Makeup Yang Wajib Pemula Tahu

ERUDISI.com – Yuk Mengenal 9 istilah dalam dunia makeup! Wajar sebagai pemula belum mengenal istilah-istilah yang ada dalam dunia tata rias. Sebenarnya banyak sekali bahasa-bahasa

Juwita

Istilah dalam dunia makeup terbaik
Istilah dalam dunia makeup (Ilustrasi: Freepik)

ERUDISI.com – Yuk Mengenal 9 istilah dalam dunia makeup! Wajar sebagai pemula belum mengenal istilah-istilah yang ada dalam dunia tata rias. Sebenarnya banyak sekali bahasa-bahasa yang digunakan dalam tata rias. Tetapi ada istilah dalam yang umum digunakan.

9 Istilah Dalam Dunia Makeup Yang Wajib Pemula Tahu

1. Contouring

Istilah kontur biasanya penggunaan pada saat kita akan memberikan ilusi bentuk pada wajah seseorang. Misalnya untuk membentuk tampilan tulang pipi menjadi lebih tinggi, hidung menjadi lebih kecil dan lainnya.
Kontur ini biasanya akan banyak bermain dengan warna-warna kontras menggunakan bronzer, alas bedak, stik kontur. Kemudian riasan ringan menggunakan conselar pada area utama. konsiler, penyorot) di area utama.

2. Highlighter

Bahasa ini sering kita dengar jika sudah masuk ke dunia tata rias lho. Highliter merupakan penyebutan untuk cahaya ke wajah kamu dimana berfungsi membantu menonjolkan wajah kamu menjadi lebih menarik.
Highliter ini biasanya bahasa untuk mengaplikasikan pada area batang hidung, sudut mata bagian dalam, dan di atas tulang pipi.

3. Baking

Baking bukan istilah untuk memanggang ya tapi bahasa yang umum orang pakai dalam proses mengoleskan bedak transparan ke kulit kamu dan membiarkannya menempel dengan sempurna beberapa saat.
Cara teknik baking ini pertama aplikasikan alas bedak dan concealer kemudian blender dan tekan-tekan hingga rata. Setelah itu biarkan selama menit.
Sejatinya panas tubuh kamu akan sangat bermanfaat untuk proses baking ini. Jangan lupa bersihkan menggunakan kuas setelah 10 menit.

4. Complexion

Nah, siapa yang sering mendengar istilah Complexion. Dalam bahasa Inggris artinya penampilan kulit wajah seseorang. Tetapi di Indonesia, istilah ini merujuk pada riasan basic seseorang. Ini tentu saja berkaitan dengan foundation yang biasa kami gunakan.
Contohnya apabila seseorang tata rias bertanya mau Complexion yang seperti apa? Maka artinya dia bertanya kamu mau foundation yang seperti apa?

Istilah dalam dunia makeup terbaik
Istilah dalam dunia makeup (Ilustrasi: Freepik)

4. Blending

Blending juga sangat umum sekali dalam bahasa tata rias. Blending/blend adalah membaurkan sebuah produk agar merata  ke kulit kamu. Misalnya saat kamu menggunakan foundation, maka kamu bisa blend ke wajah kamu. Fungsinya agar foundation menyatu dengan kulit kamu.
Saat aplikasi eyeshadow, maka kamu bisa blending eyeshadow tersebut agar menghasilkan warna gradasi cantik pada matamu.

5. Istilah Dalam Dunia Makeup: Cakey Makeup

Tentu saja, bahasa cakey dalam tata rias mengacu pada hasil riasan yang terlihat kurang merata, tebal, tidak rapi dan terkesan berat. Biasanya make up cakey terjadi pada make up kamu yang  sudah terlalu lama dan belum di touch up.
Solusinya adalah dengan melakukan touch up kembali.

6. Touch Up

Sebagai lanjutan dari bahasan yang diatas, dalam dunia makeup, touch up artinya merapikan kembali hasil make up yang mulai rusak dan pudar. Kita bisa kembali memberikan beberapa treatment riasan agar make up kembali rata, segar dan mulus.

7. Crease

Crease mangacu pada bagian riasan mata artinya riasan pada lipatan mata antara kelopak dan tulang alis. Biasanya eyeshadow yang bisa kamu aplikasikan di crease adalah eyeshadow dengan warna gelap ke terang atau sebaliknya. Manfaatnya untuk membuat mata terlihat lebih dalam.

8. Trasferring

Istilah make up ini hadir sejak pandemi Covid-19. Sejak masker jadi barang penting saat aktifitas keluar rumah. Biasanya kamu akan memastikan apakah make up yang kamu gunakan menempel pada masker tidak? Jika ya berarti make up kamu transfer dan kamu perlu melakukan touch up.

9. Setting Makeup

Pemula wajib tahu dengan istilah satu ini. Step akhir dalam riasan yang paling penting adalah setting make up. Setting make up artinya kamu mengunci make up dengan produk tertentu.
Jika kamu menggunakan produk bertekstur cair maka setting make up dengan bedak padat/tabur dan spray. Spray ini akan membuat make up menyatu dengan kulit kamu.

Nah itulah 9 yang akan sering kamu dengar jika kamu menggeluti dunia tata rias. Semoga bermanfaat ya.

Related Post