Ada 3 Museum di Jogja yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Museum menjadi salah satu destinasi wisata yang asyik dikunjungi? Apa saja museum di kota Jogja yang layak jadi tujuan wisata?

ERUDISI.COM – Museum di jogja yang wajib dikunjungi wisatawan, teman dan keluarga. Jogja, selain dikenal sebagai kota pelajar, juga dikenal sebagai kota wisata. Mulai dari jenis wisata alam, wisata museum, wisata kuliner, wisata heritage dan wisata jalan-jalan. Dari banyaknya jenis wisata yang ada di kota Jogja, kali ini kami akan membahas beberapa museum (wisata museum) yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan ketika berlibur di kota Jogja.

Apa sajakah ketiga museum tersebut?

  1. Museum Batik
  2. Museum Benteng Vredeburg
  3. Museum Negeri Sonobudoyo

Berikut sedikit penjelasan singkat dari ketiga museum yang sudah kami paparkan di atas.

Museum Batik, Benteng Vredeburg dan Negeri Sonobudoyo

Museum di Jogja yang Wajib Dikunjungi WisatawanMuseum Batik. Museum ini, terletak di Jalan DR. Sutomo 13 A, Yogyakarta. Sebagai informasi tambahan, museum ini memiliki waktu berkunjung/jam operasional, Senin – Sabtu, dari pukul 09.00 – 16.00. Ya, sesuai dengan namanya, museum ini memiliki ribuan koleksi batik dan juga berbagai perlengkapan yang digunakan untuk membuat batik.

Nah, dengan berkunjung ke museum ini, tentu saja pengetahuan Anda tentang “dunia batik” juga akan semakin bertambah. Dan yang tidak boleh dilupakan setelah berkunjung ke museum ini, sebagai orang Indonesia, tentu kita juga harus mencintai dan melestarikan produk batik demi kelangsungan produk batik ke depannya.

Museum di Jogja yang Wajib Dikunjungi WisatawanMuseum Benteng Vredeburg. Museum ini terletak di Jalan Ahmad Yani No. 6, Yogyakarta, berseberangan jalan dengan Gedung Agung, kawasan Malioboro. Sesuai dengan namanya, museum ini menggunakan bangunan asli dari benteng Vredeburg untuk memamerkan berbagai koleksinya. Lalu, apa saja berbagai jenis koleksi yang ada di Museum Vredeburg ini?

Museum ini memiliki beragam jenis koleksi, mulai dari koleksi bangunan (peninggalan belanda), koleksi replika, diorama dan koleksi miniatur. Pokoknya, dengan berkunjung ke museum ini Anda akan merasakan sensasi layaknya kembali ke masa lalu dengan memandangi berbagai diorama yang dipamerkan museum ini.

Sebagai informasi tambahan, museum Vredeburg ini buka setiap hari, kecuali hari Senin, mulai pukul 08.00-16.00.

Museum di Jogja yang Wajib Dikunjungi WisatawanMuseum Negeri Sonobudoyo. Museum ini terletak di Jalan Trikora No. 6, Yogyakarta, selatan Gedung Agung, kawasan Malioboro. Langka, kuno dan unik. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Museum Negeri Sonobudoyo ini.

Mengapa demikian?

Tentu saja, karena di Museum Negeri Sonobudoyo ini Anda akan dimanjakan dengan beragam benda koleksi tentang sejarah dan budaya Jawa. Mulai dari koleksi topeng, wayang, keris dan beragam benda yang biasanya digunakan untuk berbagai upacara adat Jawa.

Museum Negeri Sonobudoyo ini buka setiap hari, kecuali hari Senin. Dengan rincian jam buka, Senin-Kamis: 08.00-13.30, Jum’at: 08.00-11.00 dan Sabtu-Minggu: 08.00-12.00.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Jogja? Itulah ketiga Museum yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke kota Jogja.

Sebenarnya, selain dari ketiga museum yang telah di atas, di kota Jogja sendiri masih terdapat banyak museum, mulai dari Monumen Jogja Kembali, Jogja National Museum, Affandi Museum, Museum Perjuangan Yogyakarta dan lain-lain. Dengan banyaknya museum yang ada di kota Jogja, bagi masyarakat yang suka hangout ke museum, tentu akan dimanjakan dengan beragam pilihan museum yang ada.

Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.