Back to Nature dengan Herbal

Artikel ini bukan sekedar informasi tapi juga merupakan ajakan untuk kita semua agar kembali ke alam, kenapa alasanya?

Sebelum kita membahas lebih dalam alasan dari judul di atas, kita harus tau dulu apa itu herbal dan kroni-kroninya?

Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai khasiat dan kegunaan dalam pengobatan. Dengan kata lain jenis tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna bagi pengobatan maka, bisa digolongkan dalam herbal.

Dalam dunia kesehatan ada beberapa yang mendefinisikan herbal sebagai tumbuh-tumbuhan atau sejenisnya beserta bagian-bagiannya yang mempunyai khasiat dan manfaat bagi kesehatan terutama penyembuhan suatu penyakit.

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai herbal diantaranya Rimpang (umbi), daun, batang, kulit bantang, akar, bunga, buah, kulit buah, biji dll.

Konsep pengobatan herbal berbeda dengan konsep pengobatan kimia. Dalam pengobatan herbal reaksinya tidak langsung terasa, tapi perlahan karena dalam pengobatan herbal mengandalkan imun tubuh manusia untuk melawan bakteri atau racun yang menggangu tubuh. Berbeda dengan pengobatan kimia sebetulnya bukan menyembuhkan tapi menekan kerja syaraf yang akan menyampaikan pesan sakit kepada otak sehingga tubuh kita yang sakit tidak terasa sakit lagi. Pengobatan dengan herbal cenderung tidak mempunyai efek samping, atau jika ada pun minim atau dalam bahasa farmasinya SEES (Side Effect Eliminating Sistem), karena seperti tadi disebutkan bahwa herbal berasal dari bahan-bahan alami bukan kimia.

Jadi bagi teman-teman semua hati-hatilah dengan obat kimia, karena obat kimia itu mempunyai efek samping yang berbahaya. Jika kita sering mengkonsumsi obat-obat kimia, maka secara tidak langsung kita berarti telah membuat bom bunuh diri untuk diri kita sendiri. Terutama untuk jangka panjang. Menurut para ahli efeknya biasanya terasa jika kita sudah menginjak usia diatas 30 tahun. Jadi mulai sekarang beralihlah ke herbal, jika sudah terbiasa dengan obat kimia, maka mulai sekarang sedikit-sedikit beralih ke obat herbal nanti juga akan terbiasa.

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara obat Herbal (Obat Tradisional) dengan Obat Kimia :

Tabel Perbandingan Obat Tradisional dan Obat Kimia

No. Obat Tradisional Obat Kimia
1. Harganya terjangkau Harga relatif mahal karena faktor impor, lisensi,harus sudah diuji klinis.
2. Efek samping relatif kecil bahkan ada yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping jika digunakan secara tepat. Efek samping pengobatan lebih sering terjadi.
3. Reaksinya lambat. Reaksinya cepat.
4. Memperbaiki keseluruhan sistem tubuh. Hanya memperbaiki beberapa sistem tubuh.
5. Efektif untuk penyakit kronis yang sulit diatasi dengan obat kimia. Relatif kurang efektif untuk penyakit kronis
6. Terapi sampingan: Diet terhadap makanan tertentu. Terapi sampingan: diet terhadap makanan tertentu dan perlakuan tertentu pada tubuh seperti bedah atau operasi dan manajemen stres.

Naah…dari ulasan dan informasi di atas, maukah kita membiasakan hidup sehat dan beralih ke herbal ? Pilihan semuanya ada pada diri anda sendiri…..

Ohya di artikel saya berikutnya, kita akan membahas apa saja bentuk sediaan herbal dan bagai mana cara membuatnya dengan mudah.

Semoga bermanfaat…salam hangat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here