Bentuk Biji Tanaman Cokra-cakri dan Cara Penanamannya

 

Tanaman cokra-cakri memiliki bentuk biji yang sangat unik dan berbeda dari kebanyakan tanaman lainnya. Bentuk biji dari tanaman cokra-cakri memanjang seperti rumput kering yang ada di pinggir jalan atau seperti ranting kering.

Di bagian tengah biji agak menggelembung seperti padi namun sangat lonjong. Warna dari biji tanaman cokra-cakri ada dua macam. Yang pertama adalah warna coklat muda agak kehitaman dan yang kedua berwarna coklat tua dan agak kehitaman.

Perbedaan warna dari biji tanaman cokra-cakri ini disebabkan karena faktor intensitas cahaya matahari yang menyinari biji tanaman cokra-cakri. Semakin tersinari dengan baik maka biji tanaman cokra-cakri akan berwarna coklat hitam jenis biji ini bagus untuk ditanam.

Bentuk biji tanaman cokra-cakri yang belum dipetik

biji-cokra-cakri

Bentuk biji tanaman cokra-cakri yang belum dipetik menempel pada pusat bunga seperti matahari. Jika kita perhatikan sekilas biji tanaman cokra-cakri mirip seperti kuaci yang belum dikupas. ketika tanaman ini baru berbiji maka tangkainya masih berwarna hijau muda.

Namun lama-kelamaan tanaman ini akan mulai mengering dan tangkai dari tanaman ini akan mengeras seperti lidi. Dahan pada tanaman cokra-cakri yang menyangga biji tidak berdaun sama sekali. Sehingga ketika biji telah selesai rontok maka dahan ini akan sangat mirip dengan ranting kering berwarna hitam pekat.

Cara penanaman tanaman cokra-cakri

cara-tanam-cokra-cakri

Cara penanaman tanaman cokra-cakri sangatlah mudah. langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menggemburkan tanah. Setelah anda menggemburkan tanah biarkanlah beberapa hari agar tekstur tanah agak mengeras dan cacing yang ada di dalam tanah melakukan tugasnya.

Jika tekstur tanah telah sedikit memadat taburkanlah biji tanaman cokra-cakri yang sudah kering di atasnya. Setelah itu biarkanlah tanaman cokra-cakri tumbuh. Selama pertumbuhan tugas anda hanya membersihkan gulma-gulma yang tumbuh di sekitar tanaman ini. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa memilih lokasi yang memiliki cukup penyinaran matahari nya dan tekstur tanah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC